Kamis 17 Oct 2024 20:43 WIB

Bacalah Surat Yasin Saat Hadapi Kesusahan, Ini Pesan Ibnu Abbas RA

Surat Yasin mempunyai sejumlah keutamaan

Infografis Keutamaan Surat Yasin. Surat Yasin mempunyai sejumlah keutamaan
Foto: Infografis Republika
Infografis Keutamaan Surat Yasin. Surat Yasin mempunyai sejumlah keutamaan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Surat Yasin adalah surat yang diturunkan di Makkah terdiri dari 83 ayat yang mempunyai banyak keutamaan. 

Dalam portal resminya, Dar al-Ifta menjelaskan bahwa syariat telah menyebutkan keutamaan dan rahasia surat Yasin dan pahala besar yang akan diperoleh jika membacanya.

Baca Juga

Di antaranya adalah hadits yang diriwayatkan oleh ad-Darimi, Tirmidzi -lafaz miliknya- dan al-Baihaqi dalam kitab Sya'b al-Iman.

   عن أنس بن مالك رضي الله عنه عن النبي صلى الله عليه وآله وسلم قال: «إِنَّ لِكُلِّ شَيْءٍ قَلْبًا، وَقَلْبُ القُرْآنِ يس، وَمَنْ قَرَأَ يس كَتَبَ اللهُ لَهُ بِقِرَاءَتِهَا قِرَاءَةَ القُرْآنِ عَشْرَ مَرَّاتٍ»

Dari Anas bin Malik RA, dari Rasulullah SAW yang bersabda, “Segala sesuatu itu mempunyai jantung, dan jantungnya Alquran adalah Yasin, dan barangsiapa yang membaca Yasin, maka Allah akan menuliskan baginya pahala dengan membacanya sebanyak sepuluh kali.”

Imam ath-Thabrani dan Ibnu Mardawaih dari hadits Anas RA secara marfu': 

مَنْ دَاوَمَ عَلَى قِرَاءَةِ يس كُلَّ لَيْلَةٍ ثُمَّ مَاتَ، مَاتَ شَهِيدًا

“Barangsiapa yang membaca surat Yus setiap malam lalu ia meninggal dunia, maka dia akan meninggal syahid.”

Anggota Komite Tertinggi Dakwah di Al-Azhar,  Syekh Ramadhan Abd ar-Raziq, menjelaskan sebagaimana dikutip dari Tafsir al-Qurthubi, Abdullah bin Abbas, mengatakan bahwa surat ini adalah alasan untuk memudahkan urusan, dan barangsiapa membaca Yasin ketika pagi, maka dia diberi kemudahan pada hari itu hingga sore hari. Barang siapa yang membacanya pada malam hari, maka dia akan diberikan kemudahan pada malam harinya hingga pagi.

BACA JUGA: Jika Benar-benar Berdiri, Ini Negara 'Islam' Pertama yang Halalkan Alkohol dan Bela Israel

Dari Yahya bin Abi Katsir mengatakan bahwa barangsiapa yang membaca Yasin pada waktu pagi, maka Allah SWT akan memudahkannya hingga sore hari dan barang siapa membacanya pada sore hari, Allah akan memudahkannya hingga pagi hari.

Syekh Ramadhan juga menjelaskan bahwa surat Yasin adalah penyebab kemudahan, kegembiraan dan pemenuhan kebutuhan, dan dibaca dengan niat untuk penghidupan dan pemenuhan kebutuhan, sehingga para ulama mengatakan bahwa surat ini dibaca untuk orang yang sudah meninggal dunia karena meringankan baginya,  memudahkan, dan memperlancar jalan keluar ruh.

Doa...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement