Selasa 24 Sep 2024 23:48 WIB

Apa Kalimat yang Pertama Kali Diucapkan Nabi Adam Sesaat Setelah Dihidupkan Allah SWT?

Allah SWT menciptakan Nabi Adam sebagai khalifah di bumi

Ilustrasi Nabi Adam. Allah SWT menciptakan Nabi Adam sebagai khalifah di bumi
Foto: MgIt03
Ilustrasi Nabi Adam. Allah SWT menciptakan Nabi Adam sebagai khalifah di bumi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Nabi Adam alaihissalam adalah manusia pertama yang diciptakan Allah SWT. Muncul pertanyaan apa kalimat pertama yang diucapkan Nabi Adam ketika merasakan kehidupan?

Hal pertama yang diucapkan oleh Nabi Adam setelah ruh ditiupkan ke dalam dirinya adalah الحمد لله “Segala puji bagi Allah”.

Baca Juga

Hal ini sebagaimana diriwayatkan oleh Abdul Razzaq dalam Musnadnya dari Ubayd bin Umair, Rasulullah SAW bersada:

ذلك خير يوم طلعت فيه الشمس يوم الجمعة، فيه خلق آدم، وفيه تقوم الساعة، وإن الله لما خلق آدم نفخ فيه الروح فسار فيه، ثم نفخ فيه أخرى فاستوى جالساً، فعطس فألقى الله على لسانه: الحمد لله رب العالمين، فقالت الملائكة: رحمك الله

“Sebaik-baik hari terbitnya matahari adalah hari Jumat, hari dimana Adam diciptakan, dan hari dimana matahari terbit, dan Allah, ketika menciptakan Adam, meniupkan ruh ke dalam diri Adam, dan ruh tersebut berjalan di dalam dirinya, kemudian Allah menghembuskan nafas yang lain, lalu Adam duduk, lalu ia bersin, lalu Allah menaruhnya di atas lisannya: الحمد لله Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam, dan para malaikat berkata: “Semoga Allah merahmati kalian.”

Hadits ini memiliki sanad yang shahih dalam riwayat Tirmidzi dan Baihaqi dari Abu Hurairah RA, dan Ibnu Hibban dari Anas bin Malik RA.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement