Senin 16 Sep 2024 13:03 WIB
Maulid Nabi Muhammad

Shalawat Nariyah: Teks Arab, Latin dan Terjemahannya

Muslimin diperintah memanjatkan shalawat kepada Nabi Muhammad SAW.

Rep: Fuji EP/ Red: Hasanul Rizqa
ILUSTRASI Rasulullah SAW. Muslimin diperintah memanjatkan shalawat.
Foto: dok publicdomainpictures
ILUSTRASI Rasulullah SAW. Muslimin diperintah memanjatkan shalawat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kaum Muslimin menyambut dengan penuh suka cita Maulid Nabi Muhammad SAW yang bertepatan dengan hari ini, tanggal 16 September 2024. Di antara ungkapan kecintaan Muslim kepada Rasulullah SAW adalah membaca shalawat.

Ada banyak jenis shalawat yang bisa dibaca. Misalnya, shalawat Nariyah. Berikut ini bacaannya dengan tulisan Arab, Latin, serta terjemahannya.

Baca Juga

اَللّٰهُمَّ صَلِّ صَلَاةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلَامًا تَامًّا عَلىٰ سَيِّدِنَا مُحَــمَّدِ , الَّذِيْ تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضٰى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلىٰ اٰلِهِ وِصَحْبِهِ فِيْ كُلِّ لَمْحَةٍ وَ نَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ

(Allâhumma shalli shalatan kâmilatan wa sallim salâman tâmman `ala sayyidina Muḫammadinil-ladzi tanḫallu bihil-`uqadu wa tanfariju bihil-kurabu wa tuqdlâ bihil-ḫawâiju wa tunâlu bihir-raghâ’ibu wa ḫusnul-khawâtimi wa yustasqal-ghamâmu biwajhihil-karîmi wa `alâ âlihi wa shaḫbihi fî kulli lamḫatin wa nafasin bi`adadi kulli ma`lûmilak.)

Artinya, "Ya Allah, limpahkanlah shalawat yang sempurna dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami, Nabi Muhammad, yang dengan sebab beliau semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta husnul khatimah dapat diraih, dan berkat dirinya yang mulia hujan pun turun, dan semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan hembusan nafas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau."

Umat Islam diperintahkan untuk bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW. Dalilnya ada pada Alquran surah al-Ahzab ayat ke-56. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰۤىِٕكَتَهٗ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّۗ يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا

Innallāha wa malā'ikatahū yuṣallūna ‘alan-nabiyy(i), yā ayyuhal-lażīna āmanū ṣallū ‘alaihi wa sallimū taslīmā(n).

Artinya, "Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya berselawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, berselawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya."​

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement