Jumat 06 Sep 2024 14:32 WIB

Reaksi Nabi Saat Anak Pejabat yang Berbuat Jahat Lolos dari Hukuman

Pemimpin yang paling dicintai Allah adalah pemimpin yang adil.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: A.Syalaby Ichsan
Umat muslim mengunjungi Pemakaman Baqi, Kota Madinah, Sabtu (8/6/2024). Jamaah yang datang ke komplek pemakaman keluarga Nabi Muhammad shalallahu alaihi wassalam tersebut diizinkan untuk berziarah dengan cara melintasi dan dilarang untuk berhenti. Di komplek Pemakaman Baqi dikebumikan sejumlah keluarga Rasulullah dan para sahabat. Di antaranya Sayyidah Aisyah, Fatimah, Ali bin Abu Thalib, dan sahabat mulia Utsman bin Affan.
Foto:

Rasulullah SAW dalam sabdanya menegaskan bahwa jika anaknya yakni Fatimah berbuat salah, pasti Rasulullah SAW yang akan menghukumnya langsung dengan tegas. Hal ini menggambarkan bahwa Nabi Muhammad SAW adalah pemimpin yang sangat adil. Tidak serta merta karena Fatimah anak dari Rasulullah SAW maka Fatimah dibebaskan walau bersalah.

Dalam hadits lainnya, Rasulullah SAW menyampaikan bahwa manusia yang paling dicintai Allah SWT adalah pemimpin yang adil. Sementara manusia yang dibenci Allah SWT adalah pemimpin yang zalim. Ini sebagaimana hadits riwayat Abu Said al-Khudri RA. 

عن أبي سعيد الخدري رضي الله عنه، قالقال رسول الله صلى الله عليه وعلى آله وصحبه وسلم : إِنَّ أَحَبَّ النَّاسِ إِلَى اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَأَقْرَبَهُمْ مِنْهُ مَجْلِساً إِمَامٌ عَادِلٌ وَإِنَّ أَبْغَضَ النَّاسِ إِلَى اللَّهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَأَشَدَّهُ عَذَاباً إِمَامٌ جَائِرٌ 

Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya manusia yang paling dicintai Allah SWT dan paling dekat tempat duduknya pada hari kiamat adalah pemimpin yang adil, sedangkan manusia paling dibenci oleh Allah dan paling jauh tempat duduknya adalah pemimpin yang zalim." (HR Imam At-Tirmidzi).

photo
Mengenal Hadits Nabi Muhammad SAW - (Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement