Rabu 21 Aug 2024 17:16 WIB

Sulit Dapatkan Rezeki yang Halal? Baca Doa Ini dan Lakukan Amalannya

Surat Al-Waqi’ah dikenal sebagai surat yang dapat membuka pintu rezeki.

Rep: Muhyiddin/ Red: A.Syalaby Ichsan
Orang tengah berdoa (ilustrasi).
Foto:

4. Bersedekah

 

Sedekah juga merupakan amalan yang sangat dianjurkan untuk melapangkan rezeki. Rasulullah SAW bersabda: “Sedekah tidak akan mengurangi harta.” (HR Muslim).

 

Dalam Alquran, Allah SWT juga berfirman: 

 

مَثَلُ الَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ اَمْوَالَهُمْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ اَنْۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِيْ كُلِّ سُنْۢبُلَةٍ مِّائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَاللّٰهُ يُضٰعِفُ لِمَنْ يَّشَاۤءُ ۗوَاللّٰهُ وَاسِعٌ عَلِيْمٌ

 

Artinya: "Perumpamaan orang-orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah adalah seperti (orang-orang yang menabur) sebutir biji (benih) yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan (pahala) bagi siapa yang Dia kehendaki. Allah Maha Luas lagi Maha Mengetahui." (QS Al-Baqarah [2]:261)

 

photo

Anak menunjukan menu makanan nasi kotak yang diberikan pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al-Hikmah di Masjid Al-Hikmah Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat, Jakarta, Jumat (26/7/2024). - (Republika/Thoudy Badai)

 

5. Bersyukur

 

Bersyukur juga menjadi salah satu amalan untuk mendapatkan rezeki yang halal dan berkah. Allah SWT berfirman dalam Alquran: 

 

وَاِذْ تَاَذَّنَ رَبُّكُمْ لَىِٕنْ شَكَرْتُمْ لَاَزِيْدَنَّكُمْ وَلَىِٕنْ كَفَرْتُمْ اِنَّ عَذَابِيْ لَشَدِيْدٌ

 

Artinya: "(Ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), sesungguhnya azab-Ku benar-benar sangat keras.” (QS Ibrahim [14]:7)

 

Itulah lima doa dan amalan untuk menambah rezeki. Mengamalkan doa dan ibadah ini secara konsisten, dengan hati yang ikhlas dan penuh keyakinan, insya Allah dapat menjadi jalan untuk melapangkan dan menambah rezeki.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement