Jumat 02 Aug 2024 10:18 WIB

Pentingnya Mengatur Waktu, Jadwal Sholat Hari Ini di Jakarta

Sholat merupakan salah satu rukun Islam.

Ilustrasi sholat.
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Ilustrasi sholat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Di tengah hiruk-pikuk kehidupan modern, menjaga keseimbangan antara urusan dunia dan akhirat sering kali menjadi tantangan bagi banyak orang. Terutama bagi umat Islam, yang diamanahkan untuk menjalankan ibadah sholat lima waktu setiap harinya. Melalui sholat, umat Islam diingatkan akan nikmat kehidupan dan pentingnya selalu tersambung kepada Sang Pencipta.

Merujuk pada Al-Qur'an, Allah SWT berfirman dalam Surat Al-Baqarah ayat 238: "Peliharalah segala sholatmu, dan sholat wustha. Berdirilah untuk Allah (dalam sholatmu) dengan khusu'."

Baca Juga

Ayat ini menekankan perlunya menjaga konsistensi dalam melaksanakan sholat, tidak hanya sebagai rutinitas, tetapi juga dengan kekhusyukan dan ketundukan yang penuh kepada Allah SWT. Sholat menjadi momen penting untuk merefleksikan diri dan mengkaji kembali langkah-langkah yang diambil dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk memudahkan umat Islam dalam menjalankan kewajiban ini, berikut adalah jadwal sholat hari ini, 02 Agustus 2024, untuk wilayah Jakarta dalam waktu Indonesia Barat (WIB):

- **Shubuh: 04:45**

- **Dhuhur: 12:02**

- **Ashar: 15:24**

- **Maghrib: 17:57**

- **Isya: 19:09**

Dengan mengetahui jadwal sholat yang tepat waktu, umat Islam diharapkan dapat mengatur kegiatannya sehari-hari dengan lebih baik, sehingga tidak ada alasan untuk melewatkan ibadah yang telah ditetapkan. Sholat yang dikerjakan tepat waktu memiliki banyak keutamaan, salah satunya adalah menunjukkan kepatuhan seorang hamba terhadap perintah Tuhannya.

Selain itu, melaksanakan sholat di awal waktu juga membantu menciptakan disiplin dalam diri seseorang. Ini merupakan salah satu cara efektif untuk mendidik diri agar lebih tertib dan teratur. Disiplin dan ketertiban tersebut kemudian akan tercermin dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari, baik dalam pekerjaan, hubungan sosial, maupun urusan keluarga.

Tidak hanya itu, sholat merupakan sarana untuk menenangkan hati dan pikiran. Di tengah rutinitas yang padat, sholat memberi kesempatan untuk berhenti sejenak, menarik napas dalam-dalam, dan merasakan kedamaian dalam keheningan. Ketenangan yang diperoleh dari sholat tidak hanya menambah ketenangan batin, tetapi juga meningkatkan produktivitas karena pikiran menjadi lebih jernih dan fokus.

Untuk itu, marilah kita semua, khususnya umat Islam di Jakarta, senantiasa menjaga komitmen dalam melaksanakan sholat lima waktu. Dengan demikian, kita bukan hanya menunjukkan ketaatan kita kepada Allah SWT, tetapi juga berusaha untuk menjadi pribadi yang lebih baik dalam segala aspek kehidupan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement