Senin 15 Jul 2024 13:02 WIB

Jadwal Sholat Hari Ini di Depok

Sholat merupakan salah satu rukun Islam.

Keutamaan Sholat Berjamaah (ilustrasi)
Foto: Republika
Keutamaan Sholat Berjamaah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK --Pada tanggal 15 Juli 2024, kehidupan sehari-hari masyarakat Depok akan senantiasa diiringi dengan panggilan indah untuk sholat. Sebagai salah satu kewajiban utama dalam Islam, sholat menjadi fondasi kekuatan spiritual bagi umat Muslim. Dalam irama kehidupan yang semakin dinamis, menjaga konsistensi dalam melaksanakan sholat memberikan ketenangan batin dan kedekatan yang hakiki dengan Sang Pencipta.

Sholat, yang merupakan salah satu dari lima rukun Islam, memiliki arti penting dalam kehidupan umat Muslim. Di dalam Al-Qur’an, perintah sholat ditegaskan dengan jelas dalam berbagai ayat, salah satunya adalah dari Surah Al-Baqarah ayat 43: “Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ruku'lah beserta orang-orang yang ruku’”.

Untuk itu, penting bagi umat Muslim di Depok untuk memperhatikan jadwal sholat pada tanggal 15 Juli 2024. Berikut adalah jadwal sholat hari ini:

- Shubuh: 04:45 WIB

- Dhuhur: 12:02 WIB

- Ashar: 15:24 WIB

- Maghrib: 17:55 WIB

- Isya: 19:08 WIB

Menjaga keteraturan dalam mendirikan sholat sesuai jadwal yang ditentukan tidak hanya berdampak positif pada kesehatan mental, tetapi juga mempererat kebersamaan dalam komunitas. Sholat berjamaah di masjid, terutama saat sholat Maghrib dan Isya, sering kali menjadi momen yang memperkuat ikatan sosial di antara jamaah.

Selain itu, sholat juga memberikan waktu kepada umat Muslim untuk merenung, bersyukur, dan meminta petunjuk kepada Allah SWT di tengah kesibukan yang melanda. Ritme sholat lima waktu sehari, dimulai dari Shubuh hingga Isya, menciptakan jeda-jeda waktu yang memfokuskan hati dan pikiran kepada kewajiban spiritual.

Sebagai penutup, mari kita tengok firman Allah dalam Surah Ibrahim ayat 31:

"Katakanlah kepada hamba-hamba-Ku yang telah beriman: 'Hendaklah mereka mendirikan shalat, menafkahkan sebagian dari rizki yang kami berikan kepada mereka secara sembunyi atau terang-terangan sebelum datang hari (kiamat) yang padanya tidak ada jual beli dan persahabatan'".

Demikianlah arti penting sholat dalam kehidupan sehari-hari umat Muslim yang tidak hanya menjadi kewajiban religius, tetapi juga sebagai jalan mendekatkan diri kepada Allah SWT serta memperkuat rasa kemanusiaan dan kebersamaan dalam masyarakat.

*Artikel ini dibuat oleh AI dan telah diverifikasi oleh Redaksi*

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement