Sabtu 06 Jul 2024 10:28 WIB

Menghargai Waktu; Jadwal Sholat Hari Ini di Jakarta 

Muslim wajib menjaga sholat lima waktu.

Sholat. Ilustrasi
Foto: Canva
Sholat. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Waktu merupakan anugerah yang sangat berharga bagi setiap individu, yang harus diisi dengan aktivitas penuh makna. Salah satunya adalah melaksanakan ibadah sholat bagi umat Muslim.

Seiring perkembangan zaman yang semakin pesat dan padatnya aktivitas harian, penting bagi setiap muslim untuk tetap menjaga kewajiban beribadah, utamanya sholat lima waktu.

Mengacu pada firman Allah yang termaktub dalam surah Al-Baqarah ayat 238, “Peliharalah semua shalat [mu], dan [peliharalah] shalat wusthaa. Berdirilah untuk Allah [dalam shalatmu] dengan khusyuk.” Ayat ini menegaskan betapa pentingnya menjaga ketepatan waktu dalam melaksanakan sholat. Perhatikan pula surah An-Nisa ayat 103, "Sesungguhnya shalat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman."

Sebagai sarana pengingat, berikut ini adalah jadwal waktu sholat pada hari ini, tanggal 06 Juli 2024, untuk wilayah Jakarta dalam zona waktu WIB:

- Shubuh: 04:43 WIB

- Dhuhur: 12:00 WIB

- Ashar: 15:22 WIB

- Maghrib: 17:54 WIB

- Isya: 19:07 WIB

Mengikuti jadwal sholat di atas tidak hanya menunjukkan ketaatan seorang muslim, tetapi juga kedisiplinan dalam menjalankan ritme kehidupan yang harmonis. Di era modern ini, umat Islam dapat memanfaatkan berbagai platform digital untuk mengingatkan diri tentang waktu sholat. Beragam aplikasi dan layanan berbasis teknologi telah mempermudah umat dalam hal ini, namun esensi dari pengingat itu sendiri tetaplah mengakar pada komitmen pribadi.

Dalam konteks kehidupan perkotaan di Jakarta, di mana hiruk pikuk dan kesibukan menjadi ciri khas sehari-hari, menemukan momen untuk berhenti sejenak dan melaksanakan sholat memberikan manfaat yang signifikan. Sholat bukan hanya ibadah ritual, tetapi juga momen penting untuk refleksi diri dan penyegaran batin agar tetap fokus dan tenang dalam menjalani segala aktivitas.

Kegiatan sholat dapat dilaksanakan di berbagai tempat, baik di masjid, mushola maupun dimanapun selama tempat tersebut bersih dan suci. Mengutamakan berjamaah di masjid sangat dianjurkan karena Rasulullah SAW bersabda tentang keutamaan sholat berjamaah yang memiliki pahala berlipat ganda.

Melalui pengelolaan waktu yang baik sebagaimana diatur dalam jadwal sholat, kehidupan seorang muslim menjadi lebih tertata dan penuh makna. Semoga kita semua dapat mengambil hikmah dari pentingnya melaksanakan sholat tepat waktu dan menjadikannya sebagai bagian tak terpisahkan dari rutinitas harian kita.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement