Jumat 05 Jul 2024 06:32 WIB

Heboh Cek Khodam, Seperti Apa Rupa Jin atau Setan? Begini Penjelasan Alquran dan Hadits

Jin mempunyai rupa yang sangat buruk

Ilustrasi setan atau jin. Jin mempunyai rupa yang sangat buruk
Foto: www.freepik.com
Ilustrasi setan atau jin. Jin mempunyai rupa yang sangat buruk

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Berbicara tentang khodam yang saat ini tengah ramai, pentin pula mengetahui seperti apa sebenarnya rupa khodam dari jin yang sebenarnya. Seringkali kita mendapatkan gambaran tentang rupa setan atau jin yang menyeramkan. Benarkah demikian?

Salah satu karakter yang diberikan Allah SWT kepada setan atau jin adalah kemampuannya menjelma menjadi bentuk apapun dari manusia hingga hewan dan tumbuhan. Tetapi, pada dasarnya rupa setan sendiri itu memang benar buruk menyeramkan.

Baca Juga

Dalam kitab Alam al-Jin wa as-Syayathin, Syekh Umar Sulaiman al-Asyqar menjelaskan gambaran buruknya rupa setan ini memang sudah mengental dalam alam bawah sadar manusia, dan begitulah memang rupa setan. Menyeramkan.

Allah SWT menyerupakan buah pohon Zaqqum dengan kepala setan. Pohon zaqqum adalah pohon yang paling buruk dan sangat pahit rasanya, tempat asalnya adalah Tihamah.

Allah SWT menumbuhkan pohon itu di dalam neraka Jahim. Permisalan ini tak lain karena memang buruknya rupa setan. Dalam surat as-Saffat ayat 64-65, Allah SWT berfirman:

إِنَّهَا شَجَرَةٌ تَخْرُجُ فِي أَصْلِ الْجَحِيمِ طَلْعُهَا كَأَنَّهُ رُءُوسُ الشَّيَاطِينِ

“Sesungguhnya dia adalah sebatang pohon yang ke luar dan dasar neraka yang menyala. Mayangnya seperti kepala setan-setan.”

Syekh Umar menambahkan pula, dalam banyak riwayat Rasulullah SAW menyebutkan bahwa setan mempunyai dua tanduk. Ini sebagaimana diriwayatkan dalam Shahih Bukhari dan Muslim, dari Abdullah bin Umar RA, Rasulullah SAW bersabda:

لاَ تَحَرَّوْا بِصَلاَتِكُمْ طُلُوعَ الشَّمْسِ وَلاَ غُرُوبَهَا فَإِنَّهَا تَطْلُعُ بِقَرْنَىْ شَيْطَانٍ

“Janganlah mengerjakan shalat kalian ketika matahari terbit dan matahari tenggelam karena ketika itu terbit dua tanduk setan.”

Sementara itu, Syekh Badruddin bin Abdullah as-Syibly dalam kitabnya berjudul ‘Ajaib wa Gharaib al-Jin, mengungkapkan fakta-fakta terkait bangsa Jin. Berikut ini tiga di antara fakta yang dibeberkan Syekh Badruddin:

Pertama, kapankah jin diciptakan?...

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement