Rabu 03 Jul 2024 17:01 WIB

3 Hadits Ini Ungkap Rahasia Palestina tak Mampu Ditaklukkan Israel Sampai Detik Ini

Allah SWT senantiasa menjaga bumi Palestina

Allah SWT senantiasa menjaga bumi Palestina
Foto: AP Photo/Mahmoud Illean
Allah SWT senantiasa menjaga bumi Palestina

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Serangan 7 Oktober 2023 semakin membuktikan kelemahan Zionis Israel dan ketidakmampuan untuk merebut sepenuhnya tanah yang diberkahi, Palestina. 

Majalah Foreign Affairs mengeluarkan laporan cukup mengejutkan. Melalui artikel bertajuk Hamas Is Winning Why Israel’s Failing Strategy Makes Its Enemy Stronger yang dilansir Jumat (21/6/2024), Foreign Affairs menyebut Hamas lebih kuat hari ini dibandingkan dengan 7 Oktober.

Baca Juga

Perjuangannya lebih populer dan daya tariknya lebih kuat daripada sebelum 7 Oktober.

Majalah itu menulis dalam sebuah laporan: "Setelah sembilan bulan perang yang melelahkan, sekarang saatnya untuk mengakui kenyataan pahit: tidak ada solusi militer semata untuk mengalahkan Hamas," dan menambahkan bahwa "Hamas tidak dikalahkan atau berada di ambang kekalahan."

Ia juga mencatat: "Israel telah menginvasi Gaza utara dan selatan dengan sekitar 40 ribu tentara tempur, secara paksa mengungsikan 80 persen penduduk, membunuh lebih dari 37 ribu orang, menjatuhkan sedikitnya 70 ribu ton bom di wilayah tersebut (melebihi berat gabungan bom yang dijatuhkan di London, Dresden, dan Hamburg selama Perang Dunia II), menghancurkan atau merusak lebih dari separuh bangunan di Gaza, serta membatasi akses wilayah tersebut terhadap air, makanan, dan listrik, sehingga membuat seluruh penduduk berada di ambang kelaparan."

Menurut majalah tersebut: "Meskipun banyak pengamat telah menyoroti amoralitas perilaku Israel, para pemimpin Israel secara konsisten menyatakan bahwa tujuan mengalahkan Hamas dan melemahkan kemampuannya untuk melancarkan serangan baru terhadap warga sipil Israel harus didahulukan daripada keprihatinan tentang kehidupan warga Palestina. Hukuman terhadap penduduk Gaza harus diterima sebagai hal yang diperlukan untuk menghancurkan kekuatan Hamas."

Namun, Foreign Affairs menyatakan: "Kelemahan utama dalam strategi Israel bukanlah kegagalan taktik atau pengenaan batasan-batasan terhadap kekuatan militer, sama seperti kegagalan strategi militer Amerika Serikat di Vietnam yang tidak ada hubungannya dengan kecakapan teknis pasukannya atau batasan-batasan politis dan moral dalam penggunaan kekuatan militer.

Sebaliknya, kegagalan yang paling utama adalah kesalahpahaman yang besar terhadap sumber-sumber kekuatan Hamas. Yang sangat merugikan, Israel telah gagal menyadari bahwa pembantaian dan kehancuran yang dilancarkannya di Gaza hanya membuat musuhnya menjadi lebih kuat."

"Meskipun mengalami kekalahan, Hamas secara de facto masih menguasai sebagian besar wilayah Gaza, termasuk daerah-daerah di mana warga sipil kini terkonsentrasi," tambahnya.

Menurut penilaian Israel baru-baru ini, Hamas sekarang memiliki lebih banyak pejuang di wilayah utara Gaza, yang direbut IDF pada musim gugur dengan mengorbankan ratusan tentara, dibandingkan dengan yang ada di Rafah di selatan.

Halaman selanjutnya...

sumber : Harian Republika

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement