Sabtu 22 Jun 2024 03:30 WIB

Enam Manfaat Kesehatan Sholat Subuh Berjamaah di Masjid

Sholat subuh berjamaah di masjid mencegah datangnya penyakit.

Ribuan masyarakat dan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkot Bandung mengikuti Sholat Subuh Berjamaah Akbar, di Masjid Raja Jawa Barat, Alun-alun Kota Bandung.
Foto: Republika/Edi Yusuf
Ribuan masyarakat dan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkot Bandung mengikuti Sholat Subuh Berjamaah Akbar, di Masjid Raja Jawa Barat, Alun-alun Kota Bandung.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH --Allah SWT menganugerahkan keutamaan yang besar pada sholat Subuh di antara sholat-sholat lainnya. Allah mengganjar pahala yang lebih besar pada sholat Subuh dibandingkan sholat-sholat lainnya. Ini karena membutuhkan tekad yang lebih kuat untuk bisa bangun dari tidur lelapnya, terlebih di saat langit masih gelap.

Di samping itu, sejatinya sholat Subuh berjamaah di masjid ternyata memiliki manfaat yang besar bagi jiwa dan tubuh ini. Sholat subuh tepat waktu akan meningkatkan semangat, merilekskan jiwa, dan menjauhkan seseorang dari kesulitan, kecemasan, dan kemalasan.

Baca Juga

1. Jadi Semangat Beraktivitas

Nabi Muhammad SAW telah bersabda terkait hal tersebut, sebagaimana dalam hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, sebagai berikut:

[يَعْقِدُ الشَّيْطَانُ عَلَى قَافِيَةِ رَأْسِ أَحَدِكُمْ إِذَا هُوَ نَامَ ثَلاَثَ عُقَدٍ، يَضْرِبُ كُلَّ عُقْدَةٍ مَكَانَهَا: عَلَيْكَ لَيْلٌ طَوِيلٌ فَارْقُدْ، فَإِنِ اسْتَيْقَظَ فَذَكَرَ اللَّهَ انْحَلَّتْ عُقْدَةٌ، فَإِنْ تَوَضَّأَ انْحَلَّتْ عُقْدَةٌ، فَإِنْ صَلَّى انْحَلَّتْ عُقَدُهُ كُلُّهَا، فَأَصْبَحَ نَشِيطًا طَيِّبَ النَّفْسِ، وَإِلَّا أَصْبَحَ خَبِيثَ النَّفْسِ كَسْلاَنَ](متفق عليه).

Nabi Muhammad SAW bersabda, "Setan mengikat tengkuk kepala seseorang dari kalian saat dia tidur dengan tiga tali ikatan. Setan mengikatnya sedemikian rupa sehingga setiap ikatan diletakkan pada tempatnya lalu (dikatakan) 'Kamu akan melewati malam yang sangat panjang maka tidurlah dengan nyenyak.' Jika dia bangun dan mengingat Allah maka lepaslah satu tali ikatan. Jika kemudian dia berwudhu maka lepaslah tali yang lainnya. Dan bila dia mendirikan shalat, lepaslah seluruh tali ikatan. Dan pada pagi harinya, dia akan merasakan semangat dan kesegaran yang menenteramkan jiwa. Namun bila dia tidak melakukan seperti itu, maka pagi harinya jiwanya merasa tidak segar dan menjadi malas beraktifitas." (HR. Bukhari dan Muslim)

Selanjutnya...

sumber : Mawdoo.com / Islamweb / Dok Republika

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement