Kamis 13 Jun 2024 13:31 WIB

Perpecahan Umat Islam Sepanjang Masa Sudah Dikabarkan Rasulullah SAW, Begini Haditsnya

Rasulullah SAW telah menginformasikan adanya perpecahan

Umat Muslim (ilustrasi). Rasulullah SAW telah menginformasikan adanya perpecahan
Foto:

Bahkan, ketika Nabi masih hadir di tengah-tengah umat pun, hal itu terjadi. Lebih penting lagi, perbedaan pendapat itu ditolerir oleh Nabi SAW. Menurut Yusuf Qardhawi (1995:151), sikap diam Nabi SAW dalam kisah di atas menunjukkan bahwa suatu perbuatan jika disempurnakan atas dasar ijtihad, tidaklah layak untuk dikafirkan atau dianggap dosa.

Mengutip pendapat Ibnu Qayim, Qardhawi menyatakan, kelompok pertama (yang melakukan shalat) atau berpegang pada kandungan ucapan Nabi, adalah para pendahulu ahli qias serta mementingkan arti (maksud). Sedangkan kelompok kedua (yang tidak shalat) memahami secara tekstual ucapan Nabi adalah pendahulu ahli zhahir (berpegang pada susunan kalimat secara harfiyah).

Saat ini pun umat Islam terbagi dua kelompok dalam memahami nash Alquran ataupun hadis, utamanya yang berkenaan dengan masalah furu'. Sebagaimana diprediksi Nabi SAW dalam hadis tersebut di atas.

Perbedaan pendapat adalah sesuatu yang wajar. Kita, yang tidak sanggup berijtihad sendiri, boleh ittiba', yakni mengikuti pendapat mana saja sesuai keyakinan dan pemahaman kita sendiri, disertai pengetahuan dan pemahaman akan landasan tiap pendapat. Taklid buta atau asal pilih, ikut-ikutan, tanpa mengetahui dan memahami alasannya, dilarang. (Lihat QS 17:36).

Menurutnya, perbedaan pendapat dalam perkara furu' merupakan kenyataan yang tak dapat ditolak. Dan hal itu tidaklah menimbulkan kerugian dan bahaya, selama berlandaskan ijtihad syar'i yang benar.

Hal itu justru menjadi rahmat bagi umat, menunjukkan fleksibilitas dalam syariat, dan keluasan dalam ilmu dan pengetahuan. Para sahabat dan para tabi'in pun, lanjut Qardhawi, sering berselisih pendapat dalam berbagai hukum furu'. Tetapi hal itu tidak sedikit pun merugikan mereka, dan tidak pula meretakkan persaudaraan dan persatuan mereka.

Qardhawi mengingatkan, perbedaan pendapat pada dasarnya tidak berbahaya, selama diiringi dengan sikap toleran, wawasan yang luas, serta bebas dari fanatisme atau kepicikan pandangan.

Adanya perbedaan pendapat di kalangan umat Islam mengakibatkan, antara lain, timbulnya berbagai aliran dan mazhab. Dalam bidang akidah atau teologi timbul aliran-aliran: Khawarij, Murji'ah, Mu'tazilah, Asy'ariyah, dan Maturidiyah.

Dalam fikih atau hukum Islam muncul mazhab Hanafi, Maliki, Syafi'i, dan Hambali. Dalam bidang politik muncul aliran Sunni, Syi'ah, dan Khawarij. Dalam tasawuf tampil aliran Al-Ghazali, Al-Farabi, dan Ibnu Rusyd.

Untuk ber-ittiba' tinggal pilih pendapat mana yang hendak diikuti dengan penuh kesadaran, pengetahuan, sikap kritis, dan pemahaman yang cukup. Artinya, dalam memilih, kita pun harus memiliki alasan dan pemahaman, karena di akhirat nanti yang akan mempertanggungjawabkannya kita sendiri.

Dalam menyikapi perbedaan pendapat, seyogianya diperhatikan sikap toleran, lapang dada, serta tidak merasa paling benar, apalagi sampai menyalahkan pendapat yang lain. Karena kebenaran sepenuhnya milik Allah SWT.

Dia yang paling berhak menentukan mana yang benar dan salah. Terlebih, sikap merasa paling benar dan menyalahkan yang lain, dapat merusak ukhuwah Islamiyah. Perbedaan pendapat adalah realitas tak terelakkan dan bukan untuk menyebabkan perpecahan umat Islam. Dan kita pun tak mungkin dapat menghapuskan perbedaan pendapat itu.

Upaya-upaya untuk menghapuskan perbedaan pendapat dalam masalah-masalah furu', jika pun ada, akan sia-sia. Karena, seperti dikatakan Muhammad Al-Buthy, upaya demikian bertentangan dengan Hikmah Rabbaniyah dan tadbir (rekayasa) Ilahi dalam syari'at-Nya. Saat ini kita menyaksikan perselisihan pendapat begitu mencuat di antara para ulama, tokoh Islam, dan umat Islam pada umumnya.

sumber : Harian Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement