Sabtu 08 Jun 2024 02:30 WIB

Tafsir Mimpi Nabi Yusuf Planet, Mentari, dan Bulan Bersujud Kepadanya

Nabi Yusuf dikenal berparas tampan.

Kisah nabi Yusuf.
Foto: wikipedia
Kisah nabi Yusuf.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nabi Yusuf pernah bermimpi hal yang luar biasa. Dalam tidurnya, dia menyaksikan 11 planet, rembulan, dan mentari, sujud kepadanya. 

Hal tersebut dijelaskan dalam firman Allah Surah Yusuf ayat 4 berikut ini:

Baca Juga

 

إِذْ قَالَ يُوسُفُ لِأَبِيهِ يَٰٓأَبَتِ إِنِّى رَأَيْتُ أَحَدَ عَشَرَ كَوْكَبًا وَٱلشَّمْسَ وَٱلْقَمَرَ رَأَيْتُهُمْ لِى سَٰجِدِينَ

 

Iż qāla yụsufu li`abīhi yā abati innī ra`aitu aḥada 'asyara kaukabaw wasy-syamsa wal-qamara ra`aituhum lī sājidīn

Ingatlah ketika Yusuf berkata kepada ayahnya: "Wahai ayahku, sesungguhnya aku bermimpi melihat sebelas bintang, matahari dan bulan; kulihat semuanya sujud kepadaku".

Ayat tersebut mengisahkan perjalanan hidup nabi yang dikenal berparas tampan. Dia merupakan Yusuf bin Ishaq bin Ibrahim. Mimpi yang dialaminya merupakan pertanda akan hal tertentu. Namun apa artinya?

Syekh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di menjelaskan dalam kitab tafsirnya sebagai berikut:

 

Ketahuilah bahwasannya Allah menyebutkan bahwa Dia menceritakan kisah terbaik dalam alqur’an kepada RasulNya. kemudian Dia menyampaikan kisah ini merupakan kisah yang sempurna lengkap lagi baik, maka barangsiapa yang ingin menyempurnakannya atau membaguskannya dengan riwayat riwayat israiliyyat yang tidak jelas sanad atau perawinya yang pada umumnya merupakan kedustaan, berarti ia telah berupaya mengetengahkan koreksian terhadap Allah, ia ingin menyempurnakan suatu bagian darinya yang dia klaim memiliki kekurangan. cukuplah buat anda untuk berhenti pada batas ini sebagai suatu kejelekan, karena tambah tambahan pada detail cerita surat tersebut telah menyesaki kitab kitab tafsir berupa kedustaan kedustaan dan perkara perkara menjijikan yang banyak bertentangan dengan sesuatu yang difirmankan Allah

Lihat halaman berikutnya >>>

 

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement