Jumat 07 Jun 2024 05:17 WIB

Naskah Khutbah Jumat: Ibadah Haji Sebagai Momentum Persatuan

Ibadah haji momentum bagi kita semua untuk melihat betapa indahnya persatuan.

Pemberangkatan jamaah haji gelombang pertama dari SUB 45, di hari terakhir pendorongan dari Madinah ke Makkah, Sabtu (1/6/2024).
Foto: Dok MCH 2024
Pemberangkatan jamaah haji gelombang pertama dari SUB 45, di hari terakhir pendorongan dari Madinah ke Makkah, Sabtu (1/6/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Ustadz Sunnatullah, Pengajar di Pondok Pesantren Al-Hikmah Darussalam Durjan Kokop, Bangkalan, Jawa Timur

Khutbah I

Baca Juga

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ وَاسِعِ الْفَضْلِ وَالْاِحْسَانِ، وَمُضَاعِفِ الْحَسَنَاتِ لِذَوِي الْاِيْمَانِ، اَلْغَنِيِّ الَّذِيْ لَمْ تَزَلْ سَحَائِبُ جُوْدِهِ تَسِحُّ الْخَيْرَاتِ كُلَّ وَقْتٍ وَأَوَانٍ، اَلعَلِيْمِ الَّذِيْ لَايَخْفَى عَلَيْهِ خَوَاطِرُ الْجَنَانِ، اَلْحَيِّ الْقَيُّوْمِ الَّذِيْ لَاتَغِيْضُ نَفَقَاتُهُ بِمَرِّ الدُّهُوْرِ وَالْأَزْمَانِ. أَحْمَدُهُ حَمْدًا يَفُوْقُ الْعَدَّ وَالْحُسْبَانَ، وَأَشْكُرُهُ شُكْرًا نَنَالُ بِهِ مِنْهُ مَوَاهِبَ الرِّضْوَانِ

أَشْهَدُ أَنْ لَااِلَهَ اِلَّا الله وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ دَائِمُ الْمُلْكِ وَالسُّلْطَانِ، وَمُبْرِزُ كُلِّ مَنْ سِوَاهُ مِنَ الْعَدَمِ اِلَى الْوِجْدَانِ. وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ وَخِيْرَتُهُ مِنْ نَوْعِ الْاِنْسَانِ، نَبِيٌّ رَفَعَ اللهُ بِهِ الْحَقَّ حَتَّى اتَّضَحَ وَاسْتَبَانَ. أَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى أَلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَهْلِ الصِّدْقِ وَالْاِحْسَانِ. أَمَّا بَعْدُ: فَيَا عِبَادَ الرَّحْمَنِ، فَإِنِّي أُوْصِيْكُمْ بِتَقْوَى اللهِ الْمَنَّانِ، الْقَائِلِ فِي كِتَابِهِ الْقُرْانِ: وَأَذِّنْ فِي النَّاسِ بِالْحَجِّ يَأْتُوكَ رِجَالاً وَعَلَى كُلِّ ضَامِرٍ يَأْتِينَ مِن كُلِّ فَجٍّ عَمِيْقٍ

 

Ma’asyiral Muslimin jamaah Jumat yang dirahmati oleh Allah

Mari kita awali khutbah Jumat ini dengan senantiasa berterimakasih dan bersyukur kepada Allah swt, dengan senantiasa melafalkan alhamdulillahi rabbil âlamin atas segala nikmat dan karunia yang telah diberikan kepada kita semua. Terkhusus, nikmat Islam dan iman yang terus tertanam dalam sanubari kita semua sehingga menjadikan kita terus terpanggil untuk menunaikan kewajiban untuk bermunajat kepada-Nya.

Shalawat dan salam tidak henti-hentinya kita haturkan kepada junjungan kita, Nabi Muhammad saw. Insan terbaik, insan sempurna dan insan teladan sepanjang zaman, yang telah berhasil membawa visi-misi Islam tersebar ke seluruh penjuru dunia. Semoga kita semua diakui sebagai umatnya, dan mendapatkan syafaatnya kelak pada hari kiamat. Amin ya rabbal alamin.

Selanjutnya, sudah merupakan kewajiban bagi kami selaku khatib pada kesempatan shalat Jumat ini, untuk terus mengajak kepada diri sendiri, keluarga dan semua jamaah yang hadir, untuk terus meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah swt. Sebab hanya inilah yang akan menjadi penyelamat dan bekal kita semua kelak di akhirat.

Baca di halaman selanjutnya...

sumber : https://islam.nu.or.id/khutbah/khutbah-jumat-ibadah-haji-sebagai-momentum-persatuan-iutfX

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement