Selasa 04 Jun 2024 05:51 WIB

Tiga Doa yang Bisa Dibaca Sebelum Daftar PPDB, Insya Allah Lancar

Ya Allah tidak ada kemudahan kecuali apa yang telah engkau mudahkan

Petugas membantu warga mengakses sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara daring di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Tamplas Bambu, Cilangkap, Jakarta, Selasa (28/5/2024). Pengelola RPTRA Tamplas Bambu membuka layanan bantuan untuk masyarakat yang masih kesulitan atau tidak memahami tata cara mendaftarkan sekolah anaknya melalui PPDB daring.
Foto: ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha
Petugas membantu warga mengakses sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara daring di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Tamplas Bambu, Cilangkap, Jakarta, Selasa (28/5/2024). Pengelola RPTRA Tamplas Bambu membuka layanan bantuan untuk masyarakat yang masih kesulitan atau tidak memahami tata cara mendaftarkan sekolah anaknya melalui PPDB daring.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) baik sekolah dan madrasah negeri berbagai level di beragam provinsi tengah berlangsung. Masyarakat pun berlomba-lomba untuk mengakses laman PPDB untuk mendaftarkan buah hati tercinta di sekolah impian. Sebagai Muslim, ada baiknya untuk membaca doa agar Allah SWT memberi kemudahan dalam mengikuti proses PPDB. Berikut doa-doa yang bisa dibaca agar PPDB lancar dan mendapatkan sekolah yang diinginkan.

1. Doa mendapat ilmu pengetahuan 

Baca Juga

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا

 

Rabbi zidni ilma

Terjemah: 

"Ya Tuhanku, tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan."

Doa tersebut ditemukan pada surat Taha ayat 114. 

 

فَتَعَالَى اللَّهُ الْمَلِكُ الْحَقُّ ۗ وَلَا تَعْجَلْ  بِالْقُرْآنِ مِنْ قَبْلِ أَنْ يُقْضَىٰ إِلَيْكَ وَحْيُهُ ۖ وَقُلْ رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا

“Maka Mahatinggi Allah Raja Yang sebenar-benarnya, dan janganlah kamu tergesa-gesa membaca  Alquran sebelum disempurnakan mewahyukannya kepadamu, dan katakanlah: "Ya Tuhanku, tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan." (QS surat Taha ayat 114)

2. Doa lainya untuk menambah ilmu pengetahuan juga bisa dibaca sebagaimana dapat ditemukan dalam kitab hadits  Sunan Tirmidzi nomor 3523. Berikut doanya: 

 

اللَّهُمَّ انْفَعْنِي بِمَا عَلَّمْتَنِي وَعَلِّمْنِي مَا يَنْفَعُنِي وَزِدْنِي عِلْمًا الْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ وَأَعُوذُ بِاللَّهِ مِنْ حَالِ أَهْلِ النَّارِ

Latin: 

Allahumman fa’ni bima ‘allamtani wa ‘allimni ma yanfauni wa zidni ‘ilman, alhamdulillahi ‘ala kulli halin wa a’dzubillah min hali ahlinnar

Terjemah: 

“Ya Allah! Berilah manfaat terhadap apa yang telah Engkau berikan kepadaku, ajarkanlah kepadaku sesuatu yang bermanfaat bagiku dan tambahkanlah kepadaku ilmu. Segala puji hanya milik Allah pada semua kondisi (baik kondisi bahagia maupun susah) dan aku berlindung kepada Allah dari perbuatan penduduk neraka.”

Berikut redaksi hadisnya: 

 

حَدَّثَنَا أَبُو كُرَيْبٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ نُمَيْرٍ عَنْ مُوسَى بْنِ عُبَيْدَةَ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ ثَابِتٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اللَّهُمَّ انْفَعْنِي بِمَا عَلَّمْتَنِي وَعَلِّمْنِي مَا يَنْفَعُنِي وَزِدْنِي عِلْمًا الْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ وَأَعُوذُ بِاللَّهِ مِنْ حَالِ أَهْلِ النَّارِ قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ غَرِيبٌ مِنْ هَذَا الْوَجْهِ

Telah menceritakan kepada kami Abu Kuraib telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Numair dari Musa bin 'Ubaidah dari Muhammad bin Tsabit dari Abu Hurairah radhiallahu'anhu dia berkata, Rasulullah ﷺ bersabda:

Allahumman fa'ni bimaa 'alamtani wa 'alimni maa yanfauni wazidni 'ilma, alhamdulillahi 'ala kulli haalin wa 'audzu billahi min halli ahlin naar.

3. Doa mendapat kemudahan  

اَللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الْحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

Allahumma la sahla illa maa ja'altahu sahlan, wa anta taj'alul hazna idza syi'ta sahlan.

Artinya, "Ya Allah tidak ada kemudahan kecuali apa yang engkau mudahkan. Sedang yang susah bisa Engkau jadikan mudah apabila Engkau menghendakinya."

Hadis ini merupakan hadits yang diriwayatkan Ibnu Hibban dalam kitab Shahih-nya. Ketika seorang Muslim sedang mengalami kesulitan atau tertimpa musibah, doa ini bisa dibaca.

Para ulama mengajarkan agar seorang Muslim jangan ragu dan jangan khawatir, yakinlah Allah SWT senantiasa bersama hamba-Nya. Allah SWT menegaskan bahwa sesudah kesulitan, ada kemudahan.

sumber : Pusat Data Republika

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement