Sabtu 25 May 2024 15:50 WIB

Mengenal Surah-Surah Makkiyah dan Madaniyah

Salah satu ciri surah-surah Madaniyah berbicara kepada orang Mukmin.

Alquran.
Foto:

Selain itu, kita akan menemukan bahwa surah Madaniyah kurang puitis. Bacaannya lebih panjang, lebih prosais. Biasanya masih bersajak di akhir, tetapi sajaknya tidak sejelas di surah Makkiyah. Kita juga melihat perbedaan kosakata di mana surah Makkiyah memiliki kata-kata yang terkadang membuat bingung para ahli tafsir.

Dalam surah Madaniyah, karena bahasanya lebih prosais, hal-hal dijelaskan lebih baik karena orang perlu mengetahui detail peraturan. Yang namanya peraturan harus jelas dan tegas.

Kata-kata yang ‘kurang kabur’ digunakan dalam fase Madinah. Boleh jadi mereka yang baru belajar bahasa Arab akan menemukan banyak kata-kata yang familiar di surah Madaniyah dan tentu saja ayat-ayatnya cenderung lebih panjang. Surah-surah itu sendiri cenderung jauh lebih panjang.

Mari kita lihat sekilas Al-Quran dan apakah kita dapat dengan cepat mengidentifikasi surah-surah Makkiyah dan Madaniyah. Sebagian besar surah dalam Al-Quran adalah surah Makkiyah sehingga kita bisa mengidentifikasi surah-surah Madaniyah sisanya. Surah Madinah meliputi 20 surah, yakni Al-Baqarah, Ali Imran, An-Nisaa, Al-Maidah, Al-Anfal, AT-Taubah, An-Nur, Al-Azab, Muhammad Al-Fath, Al-Hujurat, Al-Hadid, Al-Mujadilah, Al-Hasyr, Al-Mumtahanah, Al-Jumu'ah, Al-Munafiqun, Ath-Talaq, At-Tahrim dan An-Nashr.

Salah satu ciri surah-surah Madaniyah berbicara kepada orang Mukmin, berbicara kepada Ahlul Kitab atau kepada masyarakat Yahudi yang ada di dan sekitar Madinah. Pengecualian berlaku untuk surah ke-22 yang diidentifikasi sebagai surah Madaniah, yang dimulai dengan pernyataan Yaa ayyuhannass (Wahai manusia). Ini biasanya merupakan sapaan yang ditemukan dalam surah Makkiyah.

Kita bisa melihat bahwa ternyata aturannya tidak kaku dan mutlak. Tetapi dengan mengetahui beberapa karakteristik ini maka kita akan menjadi semakin familiar dengannya saat kita membaca. Kita bahkan dapat mengidentifikasi ayat-ayat tersebut, bahwa ada ayat-ayat Madaniyah dalam kumpulan besar ayat-ayat Makkiyah.

Hal yang sebaliknya juga berlaku, bahwa kita dapat mengidentifikasi bagian tertentu dalam surah Makkiyah yang merupakan kelompok surah Madaniyah. Kunci untuk menyibak makna Al-Quran adalah mengetahui perbedaan antara surah Makkiyah dan Madaniyah, mampu mengidentifikasi bagian mana dari Al-Quran yang sedang kita baca saat itu bagian Makkiyah atau Madaniyah.

sumber : https://suaramuhammadiyah.id/read/mengenal-surah-surah-makkiyah-dan-madaniyah

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement