Jumat 24 May 2024 00:10 WIB

Naskah Khutbah Jumat: Hati Panglima Amal Perbuatan

Hati ialah panglima, sementara tubuh dan anggotanya ialah tentaranya.

Pengunjung memerhatikan karya seni kaligrafi pada pameran seni rupa.
Foto:

Satu hal alat yang diberikan Allah untuk menujunya yakni ialah hati. Hatilah yang dapat mengenal-Nya, yang berusaha mendekat dan menuju-Nya serta pemisah antara yang baik dan buruk dan menerima yang haq dan yang batil.

Hati ialah panglima, sementara tubuh dan anggotanya ialah tentaranya. Tangan, kaki, mata dan organ tubuh yang lainnya berjalan menurut perintah dan kehendak hati. oleh sebab itu wajiblah manusia menjaga hatinya, agar jalan yang mereka tempuh tetap sesuai jalur dan fitrahnya.

Jamaah jumat yang dimuliakan Allah

Kemaksiatan yang dilakukan anggota tubuh kita merupakan akibat dari hati yang telah durhaka kepada Allah swt. Dari situlah semua yang lahir akan tampak, yang baik dan buruknya, gelap dan terangnya, sebab setiap bejana akan membayangkan isinya. Allah berfirman dalam Q.S Al-Hasyar ayat 19 :

وَلَا تَكُونُواْ كَٱلَّذِينَ نَسُواْ ٱللَّهَ فَأَنسَىٰهُمۡ أَنفُسَهُمۡۚ أُوْلَٰٓئِكَ هُمُ ٱلۡفَٰسِقُونَ  

“Dan janganlah kamu seperti orang-orang yang lupa kepada Allah, sehingga Allah menjadikan mereka lupa akan dirinya sendiri. Mereka itulah orang-orang fasik.”

Dalam tafsir Tafsir Ibnu Katsir diterangkan bahwa mereka yang melupakan Allah maka mereka akan lupa beramal soleh untuk dirinya sendiri, lalai akan hari dimana mereka dibangkitkan, serta lupa akan amal yang mereka bawa. Dan mereka itulah orang-orang yang fasik,

Dari ayat di atas telah jelas bahwa hati menjadi dasar atas segala amal. Nafsu yang ada dalam diri manusia akan dapat ditekan secara maksimal apabila hati kuat dan kokoh dalam iman dan ingat kepada Allah.

Selanjutnya...

 

sumber : https://suaramuhammadiyah.id/read/khutbah-jum-at-hati-panglima-amal-perbuatan

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement