Kamis 23 May 2024 13:05 WIB

6 Amalan Sederhana yang Membuat Seseorang Masuk Surga

Amalan ibadah harus diperbanyak untuk menjadi bekal menuju surga.

Rep: mgrol 151/ Red: Erdy Nasrul
Berdzikir.
Foto:

Keempat, orang memelihara kemaluannya

Islam mengajarkan bahwa menjaga kemaluan adalah kewajiban bagi setiap individu, baik laki-laki maupun perempuan sebagai wujud dari ketaatan kepada Allah SWT dan penghormatan terhadap diri sendiri serta orang lain.

Sebagaimana Allah berfirman dalam Surat An-Nur ayat 30, yang berbunyi:

قُلْ لِّلْمُؤْمِنِيْنَ يَغُضُّوْا مِنْ اَبْصَارِهِمْ وَيَحْفَظُوْا فُرُوْجَهُمْۗ ذٰلِكَ اَزْكٰى لَهُمْۗ اِنَّ اللّٰهَ خَبِيْرٌۢ بِمَا يَصْنَعُوْنَ

Katakanlah kepada laki-laki yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu, lebih suci bagi mereka. Sungguh, Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat. (QS. An-Nur: 30). 

Kelima, menjaga amanah dan tidak mengingkari janji

Dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

آيَةُ الْمُنَافِقِ ثَلاَثٌ إِذَا حَدَّثَ كَذَبَ ، وَإِذَا وَعَدَ أَخْلَفَ ، وَإِذَا اؤْتُمِنَ خَانَ

Tiga tanda munafik adalah jika berkata, ia dusta; jika berjanji, ia mengingkari; dan ketika diberi amanah, maka ia ingkar. (HR. Bukhari no. 33 dan Muslim no. 59). 

Keenam, memelihara sholat

Setiap umat Muslim yang memelihara sholatnya, Allah akan jamin kehidupannya dan dihapuskan setiap dosa yang pernah diperbuat. 

Dalam hadis dijelaskan dari Jabir radhiyallahu ‘anhu:

مَثَلُ الصَّلَوَاتِ الْخَمْسِ كَمَثَلِ نَهَرٍ جَارٍ غَمْرٍ عَلَى بَابِ أَحَدِكُمْ يَغْتَسِلُ مِنْهُ كُلَّ يَوْمٍ خَمْسَ مَرَّاتٍ ». قَالَ قَالَ الْحَسَنُ وَمَا يُبْقِى ذَلِكَ مِنَ الدَّرَنِ

 

Permisalan sholat yang lima waktu itu seperti sebuah sungai yang mengalir melimpah di dekat pintu rumah salah seorang di antara kalian. Ia mandi dari air sungai itu setiap hari lima kali. Al Hasan berkata, “Tentu tidak tersisa kotoran sedikit pun (di badannya).” (HR. Muslim no. 668).

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement