Kamis 23 May 2024 13:05 WIB

6 Amalan Sederhana yang Membuat Seseorang Masuk Surga

Amalan ibadah harus diperbanyak untuk menjadi bekal menuju surga.

Rep: mgrol 151/ Red: Erdy Nasrul
Berdzikir.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Berdzikir.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam ajaran agama Islam, keyakinan akan akhirat dan keinginan untuk mencapai surga merupakan salah satu pilar utama keimanan. Setiap umat Muslim di dunia ini mengarahkan segala amal perbuatan mereka dengan harapan memperoleh keberkahan dan akhirnya mendapat tempat di surga. 

Dalam Alquran, Allah SWT berulang kali menjanjikan surga kepada orang-orang yang beriman dan bertakwa. Janji-janji ini mencakup segala macam kenikmatan dan kebahagiaan yang akan diperoleh oleh orang-orang yang beriman, mulai dari kesenangan duniawi hingga kenikmatan spiritual yang abadi.

Baca Juga

Berdasarkan ayat tersebut, Allah menjelaskan beberapa poin terkait kriteria umat Muslim yang bisa mendapatkan surga firdaus, di antaranya:

Pertama, orang yang khusyu dalam sholatnya

Sholat adalah tiangnya agama, sehingga setiap umat Muslim diwajibkan untuk menunaikan ibadah sholat. Khusyu adalah jalan untuk mencapai keberkahan spiritual dan kehadiran yang penuh kesadaran saat berkomunikasi dengan Allah SWT. Sholat yang dilakukan dengan khusyu membawa manfaat untuk membuka pintu menuju pengalaman yang mendalam dari kehadiran Allah SWT dalam kehidupan sehari-hari. 

Kedua, orang yang menjaga lisannya

Dalam Islam, menjaga lisan merupakan suatu kewajiban yang besar, karena kata-kata memiliki kekuatan yang luar biasa dalam membentuk hubungan sosial, mengungkapkan kebenaran, dan mempengaruhi perilaku manusia.

Islam juga mengajarkan umat Muslim untuk selalu menjaga lisannya. Sebagaimana dijelaskan dalam hadis dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah bersabda:

وَمَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ اْلآخِرِ فَليَقُلْ خَيْرًا أَوْ لِيَصْمُتْ

Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaknya dia berkata yang baik atau diam. (HR. Bukhari dan Muslim). 

Ketiga, orang yang menunaikan zakat 

Dalam agama Islam, zakat memiliki peran penting tidak hanya sebagai kewajiban beragama, tetapi juga sebagai wujud dari kepedulian sosial terhadap sesama.

Oleh karena itu, sebagai umat Muslim yang beriman harus membayar zakat pada waktu yang sudah ditentukan. Amalan seperti ini bisa membuat seseorang mendapatkan jaminan surga firdaus dari Allah SWT.

 

KEEMPAT...Lihat halaman berikutnya >>>

 

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement