Kamis 23 May 2024 06:32 WIB

10 Sunnah Nabi SAW yang Mulai Kerap Diabaikan Umat Islam 

Islam menganjurkan mengikut sunnah Nabi SAW

Rep: Umar Mukhtar / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi mengikuti Sunnah Nabi Muhammad SAW, Islam menganjurkan mengikut sunnah Nabi SAW
Foto:

Dalam hadits itu dapat diketahui bahwa Nabi SAW meminta setiap Muslim untuk berinisiatif menulis surat wasiat jika ada hal yang ingin diwasiatkan, dengan perkiraan waktu dua malam. Namun waktu dua malam ini bukan batasan waktu, sebab di hadits lain ada yang tertulis satu malam dan tiga malam.

5. Mendoakan saudara-saudara umat Muslim yang jauh atau tidak ada di sisi kita. Ini adalah salah satu sunnah Nabi SAW yang telah diriwayatkan dari para Nabi dan orang shaleh. Karena, doa tersebut merupakan bentuk kecintaan mereka terhadap saudara-saudara Muslim yang lain. Malaikat pun turut mendoakan seorang Muslim yang berdoa untuk saudara-saudara Muslim yang lain. Hal ini didasarkan pada hadits shahih yang diriwayatkan Muslim dari jalur Abu Darda.

6. Membaca doa kafarotul majlis saat menyudahi suatu majelis. Rasulullah SAW mengajarkan kepada kita untuk membaca doa ini sebelum bangkit mengakhiri suatu majelis. Doa itu ialah, "سُبحانَكَ اللَّهمَّ وبحمدِكَ ، أشهدُ أن لا إلَهَ إلَّا أنتَ أستغفرُكَ وأتوبُ إليكَ ". Ini didasarkan pada hadits yang diriwayatkan Al-Albani dalam shahih At-Tirmidzi dari jalur Abu Hurairah.

7. Shalat dua rakaat setelah melakukan perbuatan dosa atau yang disebut shalat taubat. Ini shalat yang dianjurkan berdasarkan kesepakatan imam empat mazhab, dan para ulama setelahnya. Ini adalah sunnah bagi seorang Muslim setelah berbuat dosa dan sebaiknya shalat ini dilakukan dengan sendirian. Hal ini sebagaimana hadits yang diriwayatkan dalam Shahih At-Tirmidzi dari jalur Abu Bakar Ash-Shiddiq.

8. Mencegah anak-anak meninggalkan rumah di awal malam dan menutup bejana di malam hari. Sunnah ini didasarkan pada hadits riwayat Bukhari dalam shahih al-Bukhari dari jalur Jabir bin Abdullah.

9. Mengucapkan doa ini saat ini melepas seseorang yang ingin melakukan perjalanan. Doa tersebut ialah استودِعُ اللَّهَ دينَكَ وأمانتَكَ وآخرَ عملِكَ. Hal ini sebagaimana hadits yang diriwayatkan Al-Albani dalam Shahih At-Tirmidzi dari jalur Abdullah bin Umar.

10. Menyembuhkan bagian tubuh yang sakit dengan meletakkan tangan di area yang sakit lalu ucapkan bacaan berikut ini secara urut. Pertama-tama, ucapkan bismillah tiga kali, lalu ucapkan 'أَعُوذُ باللَّهِ وَقُدْرَتِهِ مِن شَرِّ ما أَجِدُ وَأُحَاذِرُ sebanyak tujuh kali. Ini didasarkan pada hadits shahih riwayat Muslim dalam kitab Shahihnya dari jalur Nafi' bin Jabir.

Sumber: mawdoo

 

photo
Infografis Sunnah Nabi Muhammad yang Jarang Diketahui - (Republika.co.id)

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement