Senin 20 May 2024 14:05 WIB

Ini Alasan Islam Melarang Suap-menyuap dalam Hadits Nabi SAW 

Suap menyuap adalah perbuatan yang diharamkan dalam Islam

Rep: Fuji E Permana / Red: Nashih Nashrullah
Suap.ilustrasi. Suap menyuap adalah perbuatan yang diharamkan dalam Islam
Foto:

Namun sebaliknya, orang yang berbuat zalim, akan terus dalam kesesatan, sombong dengan suap yang bisa dilakukannya, dan bisa memperoleh apa saja yang diinginkannya.

Kewibawaan apa lagi yang masih dimiliki pengadilan atau hakim setelah praktik suap merajalela? Kesengsaraan dan keputusasaan apa lagi yang dimiliki orang fakir dari mendapatkan hak-haknya jika telah merata bencana dan praktik suap? Selain permasalahan tersebut, praktik suap juga akan menyebabkan hilangnya kemuliaan dan tertumpahnya darah.

Jika praktik suap telah menyebar, keadilan dan kebenaran akan menjadi mati, sedangkan kezaliman dan kebatilan akan tumbuh subur. Akibat lainnya, ia juga akan menimbulkan kesengsaraan, berkurangnya harta manusia, dan hilangnya hak-hak manusia. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

وَلَا تَأْكُلُوْٓا اَمْوَالَكُمْ بَيْنَكُمْ بِالْبَاطِلِ وَتُدْلُوْا بِهَآ اِلَى الْحُكَّامِ لِتَأْكُلُوْا فَرِيْقًا مِّنْ اَمْوَالِ النَّاسِ بِالْاِثْمِ وَاَنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ ࣖ

“Janganlah kamu makan harta di antara kamu dengan jalan yang batil dan (janganlah) kamu membawa (urusan) harta itu kepada para hakim dengan maksud agar kamu dapat memakan sebagian harta orang lain itu dengan jalan dosa, padahal kamu mengetahui.” (QS Al-Baqarah Ayat 188)

Pelajaran 

Suap adalah penyakit berbahaya yang menanamkan kedengkian dan menghilangkan hak-hak. Tidak boleh menyepelekan harta umat. Sebab, ia adalah milik dari individu-individu umat tersebut.

Islam telah mengharamkan suap dengan segala bentuknya dan beragam fenomenanya serta melaknat pelakunya. 

Para pejabat hendaknya menghormati kepercayaan pemerintah. Sehingga, ia tak boleh meremehkan serta berkhianat dan menerima suap untuk merampas hak-hak orang. Penamaan suap dengan hadiah atau bonus tidak mengubah hakikat dan hukumnya yang buruk. 

Penyalahgunaan jabatan adalah bentuk pengkhianatan yang berhak mendapat murka Allah SWT. Hanya kepada Allah segala pujian.

photo
Daftar Indeks Persepsi Korupsi Berbagai Negara - (Strait Times)

 

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement