Sabtu 27 Apr 2024 17:12 WIB

Keutamaan Sholat di Tiga Masjid Suci Umat Islam

Masjid Nabawi dibangun Nabi Muhammad SAW ketika hijrah ke Madinah.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Umat Islam berjalan usai mengikuti shalat Jumat di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi, Jumat (14/7/2023).
Foto:

Usaid bin Hudhair meriwayatkan, Rasulullah bersabda, “Sholat di masjid Quba itu (pahalanya) seperti umroh." (HR. Ahmad, Tirmidzi, dan Hakim. Hadits ini dinilai shahih oleh Albani).

Abu Umamah Sahl bin Hanif meriwayatkan, Rasulullah Abu Umamah Sahl bin Hanif bersabda, "Siapa yang bersuci di rumahnya, kemudian berangkat ke masjid Quba lalu sholat di sana, maka baginya seperti pahala umroh." (HR. Ahmad dan Nasa'i. Hadits ini dianggap shahih oleh al-Albani).

Ibnu Umar menuturkan, Rasulullah biasa pergi ke masjid Quba setiap Sabtu dengan berjalan kaki atau dengan naik kendaraan, lalu beliau sholat dua rakat di sana.” (Muttafaq ‘alaih).

Abu Sa’id al-Khudr meriwayatkan, Rasulullah bersabda “Tidak boleh dipaksakan bepergian kecuali ke tiga masjid, yaitu Masjidil Haram, Masjid Al aqsa, dan masjidku.” (Mutafaq ‘alaih)

Abu Hurairah meriwayatkan, Rasulullah bersabda, "Antara rumahku dan mimbarku ada sebuah taman surga. Mimbarku itu ada di atas telagaku."(Muttafaq alaih).

Abdullah bin Amr meriwayatkan, Rasulullah bersabda, "Ketika membangun Baitul Maqdis, Sulaiman bin Dawud meminta tiga permohonan kepada Allah. (1) Ia memohon kepada Allah membawa berkah, dan ia pun diberinya (2) Ia memohon kepada Allah kekuasaan yang tidak dimiliki oleh seorang pun sepeninggalnya, dan ia pun mendapatkannya; Dan (3) Ia memohon kepada Allah ketika selesai membangun masjid, agar siapa pun yang datang ke sana dengan berniat mengerjakan sholat, dosa-dosanya diampuni, sehingga (kondisinya) seperti saat ia dilahirkan oleh ibunya. Kedua, permohonannya telah dipenuhi, dan aku berharap permohonannya yang ketiga juga dipenuhi." (HR An Nasai, ibnu Hibban, dan Hakim. Hadits ini dinilai sahih oleh Albani dalam kitab sahih Al-Jami)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement