Senin 22 Apr 2024 22:05 WIB

Tiga Hadits Ini Menyebut Satu Surat yang Jika Dibaca Bikin Antimiskin

Ada satu surat yang disebut dengan surat kekayaan.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Muhammad Hafil
Infografis Tiga Hal yang Mendatangkan Rezeki. Ilustrasi harta
Foto: Republika.co.id
Infografis Tiga Hal yang Mendatangkan Rezeki. Ilustrasi harta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada satu surat yang disebut dengan surat kekayaan. Surat tersebut ialah surat Al Waqiah. Jika biasa membaca surat maka atas izin Allah, seorang Muslim tidak akan mengalami kemiskinan.

Sejumlah riwayat hadits telah menyebutkan berbagai fadhilah atau keutamaan yang diperoleh jika membaca surat Al Waqiah. Di antara fadhilahnya ialah tidak mengalami kemiskinan.

Baca Juga

Berikut ini tiga hadits berbeda yang masing-masing ditakhrij oleh ulama yang juga berbeda

1. Ibnu Mardawaih

أخرج ابن مردويه عن أنس عن رسول الله ﷺ قال: “سورة الواقعة سورة الغنى، فاقرؤوها، وعلّموها أولادكم.

Artinya: Ibnu Mardawaih meriwayatkan dari Anas bin Balik RA, dari Rasulullah SAW, bahwa beliau SAW bersabda, "Surat Al Waqiah adalah surat Al Ghani, maka bacalah dan ajarkan kepada anak-anak kalian.

2. Ats Tsa'labi dan Ibnu Asakir

 أخرج الثعلبي وابن عساكر في ترجمة عبد الله بن مسعود عن أبي ظبية قال: مرض عبد الله مرضه الذي توفي فيه، فعاده عثمان بن عفان، فقال: ما تشتكي؟ قال: ذنوبي، قال: فما تشتهي؟ قال: رحمة ربي، قال: ألا آمر لك بطبيب؟ قال: الطبيب أمرضني، قال: ألا آمر لك بعطاء؟ قال: لا حاجة لي فيه، قال: يكون لبناتك من بعدك، قال: أتخشى على بناتي الفقر؟ إني أمرت بناتي يقرأن كل ليلة سورة الواقعة، إني سمعت رسول الله ﷺ يقول: “من قرأ سورة الواقعة كل ليلة، لم تصبه فاقة أبدا”.

Ats Tsa'labi dan Ibnu Asakir mengeluarkan riwayat dari Abu Dzabiyah, yang berkata, "Abdullah (bin Mas'ud) sakit dengan sakit yang menyebabkan kematiannya. Kemudian Utsman bin Affan menjenguknya dan bertanya, 'Apa yang kamu keluhkan?'"

Abdullah menjawab, "Dosa-dosaku." Utsman bertanya lagi, "Apa yang kamu harapkan?" Abdullah menjawab, "Rahmat Tuhanku." Utsman kemudian menawarkan, "Apakah aku harus memanggil seorang tabib untukmu?" Abdullah menjawab, "Tabib sudah mengobatiku."

Lalu, Utsman bertanya kembali, "Apakah aku harus memberimu harta?" Abdullah menjawab, "Aku tidak memerlukannya." Utsman berkata lagi, "Ini bisa menjadi warisan bagi anak-anakmu setelahmu."

Abdullah menolak dengan berkata, "Apakah kamu khawatir tentang kefakiran anak-anak perempuanku? Aku telah memerintahkan anak-anak perempuanku untuk membaca surat Al Waqiah setiap malam. Aku telah mendengar Rasulullah SAW bersabda, 'Siapa yang membaca Surat Al Waqiah setiap malam, maka dia tidak akan mengalami kefakiran.'"

3. Ad-Dailami

وأخرج الديلمي عنه مرفوعا: “علّموا نساءكم سورة الواقعة، فإنها سورة الغنى”.

Ad-Dailami mengeluarkan riwayat secara marfu', bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, "Ajari wanita kalian surat Al Waqiah karena ini adalah surat Al Ghani."

Derajat tiga hadits yang telah dipaparkan tersebut adalah dhaif. Namun, kandungan hadits yang derajatnya dhaif tetap bisa diamalkan untuk meraih manfaat dan keutamaan amalan atau fadhilah 'amal.

Adapun dalam kitab tafsir Fath Al Qadir karangan Imam Asy Syaukani juga dinukil riwayat hadits yang menyebut fadhilah surat Al Waqiah. Sebagai berikut:

وأخْرَجَ أبُو عُبَيْدٍ في فَضائِلِهِ وابْنُ الضُّرَيْسِ، والحارِثُ بْنُ أبِي أُسامَةَ، وأبُو يَعْلى، وابْنُ مَرْدَوَيْهِ، والبَيْهَقِيُّ في الشُّعَبِ عَنِ ابْنِ مَسْعُودٍ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ ﷺ يَقُولُ:  «مَن قَرَأ سُورَةَ الواقِعَةِ كُلَّ لَيْلَةٍ لَمْ تُصِبْهُ فاقَةٌ أبَدًا» .

Diriwayatkan dari Ibnu Masud, dia mendengar Nabi Muhammad SAW bersabda, "Siapa yang membaca surat Al Waqiah setiap malam, maka tidak akan ditimpa kemiskinan selamanya." (HR Al Bayhaqi, Ibn Mardawayh, Abu Ya'la, Al Harits bin Abi Usama, dan Ibn Al Durais).

Sumber:

https://islamonline.net/%D9%81%D9%88%D8%A7%D8%A6%D8%AF-%D9%88%D9%85%D9%82%D8%A7%D8%B5%D8%AF-%D8%B3%D9%88%D8%B1%D8%A9-%D8%A7%D9%84%D9%88%D8%A7%D9%82%D8%B9%D8%A9/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement