Kamis 18 Apr 2024 21:26 WIB

Ingin Peroleh 3 Manfaat Duniawi Berikut? Rutinlah Membaca Surat Yasin

Surat Yasin mempunyai sejumlah keutamaan

Rep: Muhyiddin / Red: Nashih Nashrullah
Infografis Keutamaan Surat Yasin. Surat Yasin mempunyai sejumlah keutamaan
Foto: Infografis Republika
Infografis Keutamaan Surat Yasin. Surat Yasin mempunyai sejumlah keutamaan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Terdiri dari 83 ayat, surat Yasin diturunkan di Makkah. Surat Yasin mempunyai manfaat yang berbeda-beda, khususnya dalam kehidupan kita sehari-hari. 

Inilah mengapa, surat Yasin disebut sebagai jantung Alquran. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Anas bin Malik Ra, Nabi Muhammad SAW bersabda:

Baca Juga

إِنَّ لِكُلِّ شَىْءٍ قَلْبًا وَقَلْبُ الْقُرْآنِ يس َمَنْ قَرَأَ يس كَتَبَ اللَّهُ لَهُ بِقِرَاءَتِهَا قِرَاءَةَ الْقُرْآنِ عَشْرَ مَرَّاتٍ

Artinya: "Setiap sesuatu ada jantungnya (qalbu). Jantungnya Alquran adalah surat Yasin. Siapa yang membaca surat Yasin, Allah menulis baginya pahala seolah-olah ia telah mengkhatamkan sepuluh kali Alquran." (HR Darimi dan Tirmidzi).

Tak hanya bermanfaat untuk mendoakan orang yang sakaratul maut atau hadiah untuk orang meninggal, tetapi Surat Yasin juga mempunyai keutamaan dalam tercapainya kebutuhan hidup di dunia. Apa saja? Berikut tiga di antaranya: 

Pertama, memenuhi kebutuhan

Ata bin Abi Ribbah meriwayatkan, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Barangsiapa membacakan Surat Yasin di pagi hari, Allah SWT akan memenuhi semua kebutuhannya.”

Kita menghadapi berbagai jenis kebutuhan sepanjang hidup kita. Terkadang kebutuhan tersebut dipenuhi dengan mudah, namun terkadang sulit bagi kita untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Tetapa saja, kita tidak boleh berkecil hati. Kita harus melanjutkan perjuangan kita untuk memenuhi kebutuhan. Selain itu harus tetap berharap kepada Allah SWT bahwa Dia akan mengatasi masalah kita.

Sebagian ulama juga berpendapat bahwa membaca Surat Yasin sebanyak 41 kali akan bermanfaat bagi terkabulnya hajat. Menurut para ulama ini, kita akan menerima pertolongan Allah SWT dalam berbagai urusan di dunia. 

Kedua, melunasi utang

Sebagian ulama mengatakan bahwa membaca Surat Yasin tujuh kali setiap malam setelah shalat Isya membantu kita melunasi utang kita. Dalam bisnis dan bidang lain, kita membutuhkan lebih banyak uang daripada yang kita miliki. Kita perlu meminjam uang ini dari seseorang. Sayangnya nanti jika kita mengalami kecelakaan dan kita tidak mampu membayar hutang kita.

Para ulama menyarankan agar kita mengamalkan Yasin. Membaca Surat Yasin setiap malam sebanyak tujuh kali akan mengubah hari-hari hidup kita. 

Ketiga, mengabulkan hajat

Jika dibaca secara istiqamah, surat Yasin juga dapat mengabulkan hajatnya seseorant. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan Abu Daud sebagai berikut: 

من قرأ سورة يس والصافات ليلة الجمعة أعطاه الله سؤله

Artinya: “Barangsiapa membaca surat Yasin dan al-Shaffat di malam Jumat, Allah mengabulkan permintaannya.” (HR Abu Daud dari al-Habr)

photo
Infografis 8 Keutamaan Surat Yasin - (Infografis Republika)

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement