Jumat 12 Apr 2024 20:15 WIB

Mengapa Surat Al-Ashr tidak Menggunakan Kata Waqt untuk Menggambarkan Waktu?  

Surat Al-Ashr menegaskan pentingnya waktu dalam Islam

Waktu (ilustrasi). Surat Al-Ashr menegaskan pentingnya waktu dalam Islam
Foto: www.freepik.com
Waktu (ilustrasi). Surat Al-Ashr menegaskan pentingnya waktu dalam Islam

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Waktu memang berharga. Ada yang menyamakan dengan uang ada pula yang menyamakannya dengan pedang. Sedemikian berharganya, Allah SWT pun bersumpah demi waktu (Ashr) dalam QS al-Ashr. 

وَالْعَصْرِ إِنَّ الْإِنْسَانَ لَفِي خُسْرٍإِلَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ

Baca Juga

“Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.” (QS Al-Ashr ayat 1-3)

Prof Quraish Shihab menjelaskan, Kata Al 'Ashr di ambil dari kata 'Ashara yang berarti menekan sesuatu sehingga apa yang terdapat pada bagian terdalam daripadanya tampak ke permukaan atau keluar (memeras). Angin yang tekanannya keras sehingga memorakporandakan segala sesuatu dinamakan i'shar. 

Menurut Quraish, penamaan ini agaknya disebabkan ketika itu manusia yang sejak pagi telah memeras tenaganya diharapkan telah mendapatkan hasil dari usaha-usahanya.

Mengutip Syekh Muhammad Abduh, Quraish menjelaskan, turunnya ayat ini tidak lepas dari kebiasaan orang-orang Arab pada masa turunnya Alquran untuk berkumpul dan berbincang-bincang mengenai berbagai hal. 

Tidak jarang, dalam perbincangan tersebut terlontar kata-kata mengumpat sekaligus memuji waktu. Waktu baik jika mereka berhasil dan waktu sial jika mereka gagal. 

Padahal, waktu merupakan sesuatu yang netral. Tidak perlu disematkan kemujaraban atau kesialan di balik sebuah tanggal atau jam.

Tafsir lainnya, Quraish menulis bahwa pada surat ini, Allah SWT bersumpah demi waktu dengan menggunakan kata Ashr untuk membuat suatu pernyataan. 

Demi waktu, di mana manusia mencapai hasil setelah ia memeras tenaganya, sesungguhnya dia merugi apa pun hasil yang dicapainya itu, kecuali jika ia beriman dan beramal saleh. 

Kerugian tersebut mungkin tidak akan dirasakan pada waktu dini, tetapi pasti akan disadarinya pada waktu Ashar kehidupannya menjelang matahari hayatnya terbenam. "Itulah agaknya rahasia mengapa Tuhan memilih kata Ashr untuk menunjuk kepada waktu secara umum," kata Quraish dalam tafsir Al Mishbah.

Waktu adalah modal utama manusia. Jika tidak diisi dengan kegiatan positif dan produktif, dia akan berlalu begitu saja. Dia hanya datang satu kali tidak dapat diulang. Tidak juga bisa dimajukan. Apabila datang saatnya, manusia tidak bisa menghindar. 

وَلِكُلِّ أُمَّةٍ أَجَلٌ ۖ فَإِذَا جَاءَ أَجَلُهُمْ لَا يَسْتَأْخِرُونَ سَاعَةً ۖ وَلَا يَسْتَقْدِمُونَ

"Tiap-tiap umat mempunyai batas waktu maka apabila telah datang waktunya me reka tidak dapat mengundurkannya barang sesaat pun dan tidak dapat memajukannya." (QS al-Araf:34).

Waktu juga membuat kita tidak akan pernah bisa merasakan untuk yang kedua kali. Dia hanya datang pada tahun itu, pada bulan itu, pada hari-hari itu.

Tidak akan bisa kita kembali beriktikaf identik dengan iktikaf yang kita lakukan pada Ramadhan 1438 Hijriyah. Dengan sujud yang sama, linangan air mata yang sama, atau doa qunut yang sama. Sesal kita tinggallah sesal saat ibadah pada Ramadhan lalu tidak juga maksimal.

photo
Infografis Berapa Tahun Diturunkannya Alquran - (Republika)

sumber : Harian Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement