Selasa 09 Apr 2024 00:30 WIB

Anjuran Alquran Mengatasi Kecemasan

Kecemasan harus dihadapi dengan sejumlah cara.

Rep: mgrol151/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi seseorang mengalami kecemasan sosial.
Foto:

Kelima, melibatkan Allah dalam setiap urusan. 

Setiap kondisi yang dilalui oleh umat Muslim, harus selalu bertawakal dan memohon perlindungan agar diberi kemudahan dalam menjalaninya.

Sebagaimana dalam hadis dijelaskan: 

عَنْ عُمرَ بن الخطَّابِ – رَضِيَ اللهُ عَنْهُ – عَنِ النَّبيِّ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – قَالَ : (( لَو أَنَّكُمْ تَوكَّلُوْنَ عَلَى اللهِ حَقَّ تَوَكُّلِهِ لَرَزَقَكُمْ كَمَا يَرزُقُ الطَّيرَ ، تَغدُو خِماصاً ، وتَروحُ بِطَاناً )) رَوَاهُ الإِمَامُ أَحْمَدُ وَالتِّرْمِذِيُّ وَالنَّسَائِيُّ وَابْنُ مَاجَهْ وَابْنُ حِبَّانَ فِي ” صَحِيْحِهِ ” وَالحَاكِمُ ، وَقَالَ التِّرمِذِيُّ : حَسَنٌ صَحِيْحٌ .

Dari Umar bin Al Khaththab Radhiyallahu‘anhu, dari Nabi Shallallahu‘alaihi Wasallam, beliau bersabda, “Seandainya kalian benar-benar bertawakal kepada Allah, sungguh Allah akan memberikan kalian rezeki sebagaimana burung mendapatkan rezeki. Burung tersebut pergi di waktu pagi dalam keadaan lapar dan kembali di waktu sore dalam keadaan kenyang." (HR Ahmad, Tirmidzi, An-Nasai, Ibnu Majah, Ibnu Hibban dalam kitab sahihnya, dan Al-Hakim. Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini hasan sahih).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement