Senin 08 Apr 2024 15:00 WIB

Lima Manfaat Membaca Alquran yang Harus Diketahui

Alquran merupakan kitab suci kebanggaan umat Islam.

Rep: mgrol151/ Red: Erdy Nasrul
Sejumlah warga lanjut usia (lansia) membaca Alquran saat mengikuti Pesantren Ramadhan Lansia di Masjid Pusdai, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (5/4/2023). Pesantren kilat yang digelar oleh Majelis Taklim Pusdai Jawa Barat itu diikuti oleh 170 lansia se-Bandung Raya. Pesantren tersebut bertujuan untuk mengisi waktu selama Ramadhan dengan tadarus Alquran, belajar mengaji dan wawasan hukum-hukum islam yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
Foto:

Setiap kali seorang Muslim membaca Alquran, setiap huruf yang dilafalkannya dianggap sebagai amalan yang bernilai pahala. Nabi Muhammad SAW pernah bersabda bahwa setiap huruf dari Alquran yang dibaca akan mendatangkan sepuluh kebaikan bagi pembacanya. 

Dengan demikian, membaca Alquran adalah cara yang sangat efektif untuk mengumpulkan pahala di sisi Allah SWT. Sebagaimana dalam hadis dijelaskan:

وَعَنِ ابْنِ مَسْعُوْدٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ “مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللهِ فَلَهُ حَسَنَةٌ وَالحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا , لاَ أَقُوْلُ الم حَرْفٌ وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلاَمٌ حَرْفٌ وَمِيْمٌ حَرْفٌ رَوَاهُ التِّرْمِذِيُّ وَقَالَ حَدِيْثٌ حَسَنٌ صَحِيْحٌ

 

Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barang siapa yang membaca satu huruf dari kitab Allah, maka baginya satu kebaikan. Satu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kali lipatnya. Aku tidak mengatakan alif lam mim itu satu huruf, tetapi alif itu satu huruf, lam itu satu huruf, dan mim itu satu huruf.” (HR. Tirmidzi, no. 2910).

Kelima, menjadi pengingat tentang hari pembalasan

Ayat-ayat Alquran mengandung peringatan yang berulang-ulang tentang hari akhirat, mengingatkan manusia akan akhirat yang pasti dan pentingnya persiapan untuk menghadapinya.

Dalam Alquran juga menggambarkan kejadian-kejadian besar yang akan terjadi pada hari kiamat, seperti kebangkitan manusia dari kubur, pengadilan yang adil oleh Allah SWT, dan penentuan akhirat bagi setiap individu berdasarkan amal perbuatannya di dunia. 

Surah-surah seperti Surah Al-Qiyamah dan Surah Az-Zalzalah dengan tegas menyatakan tentang hari kiamat sebagai suatu kepastian yang akan datang.

 

Dengan demikian, ketika seseorang rajin membaca Alquran, maka ia akan mengingat tentang kematian dan berusaha untuk terus memperbanyak amalan di dunia untuk bekalnya di akhirat. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement