Kamis 11 Apr 2024 10:05 WIB

Sering Baca Ini Siang Hari Jika Ajal Menjemput Niscaya Ahli Surga

Doa ini diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW dalam sebuah hadits.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Remaja masjid membimbing anak membaca dan menghafal Alquran.
Foto:

Nabi Muhammad SAW juga pernah memberikan pesan tentang khasiat beristighfar. Diriwayatkan dari Ibnu Abbas RA, Nabi SAW bersabda:

Khasiat Istighfar

( مَنْ لَزِمَ الِاسْتِغْفَارَ جَعَلَ اللَّهُ لَهُ مِنْ كُلِّ ضِيقٍ مَخْرَجًا ، وَمِنْ كُلِّ هَمٍّ فَرَجًا ، وَرَزَقَهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ ) رواه أبو داود (1518) وابن ماجه (3819) ، وأحمد في "المسند" (1/248) ، والطبراني في "المعجم الأوسط" (6/240)، والبيهقي في "السنن الكبرى" (3/351) ، وغيرهم .

"Siapa saja yang butuh permohonan ampun (perlu beristighfar), niscaya Allah SWT memberi jalan keluar untuknya atas semua kesulitan, kelapangan atas semua keresahan, dan memberi rezeki-Nya dari tempat yang tidak diduga-duga." (HR. Abu Daud, Ibnu Majah, Ahmad dalam Al Musnad, At Thabrani dalam Al Mu'jam Al Awsath, Al Baihaqi dalam As Sunan Al Kubro, dan selainnya)

Dalam "Awn Al Ma'bud: Syarh Sunan Abi Daud", disebutkan bahwa seseorang perlu minta ampunan kepada Allah SWT ketika melakukan perbuatan dosa, terjadi musibah yang melanda dirinya, dan ada dalam keadaan di mana dia terus-menerus melakukan perbuatan dosa.

Rasulullah SAW juga berpesan:

ولذا قال صلى الله عليه وسلم طوبى لمن وجد في صحيفته استغفارا كثيرا رواه بن ماجه

"Berbahagialah mereka yang di dalam catatan amalnya ditemukan istighfar yang banyak." (HR Abu Daud)

Sumber: Dorar

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement