Rabu 03 Apr 2024 14:56 WIB

Ternyata Bani Israil Dua Kali Lakukan Kerusakan di Muka Bumi, Kapan?

Sebagian besar bani Israil kafir dan durhaka.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi.
Foto:

Adapun kerusakan pertama di muka bumi dan kebangkitan bani Israil terjadi setelah zaman Nabi Musa AS pada saat dahulu, tepatnya setelah wafatnya Nabi Sulaiman bin Daud.

Sebagian besar bani Israil kafir dan durhaka, dan pelanggaran mereka sampai-sampai mereka menuduh Nabi Sulaiman kafir. Maka, Allah menimpakan kepada mereka orang-orang yang membinasakan mereka sebagai azab bagi mereka. Kemudian, Allah mengasihani mereka setelah itu, dan mengembalikan kepada mereka keadaan dan kekuasaan.

Mereka menebarkan kerusakan lagi di muka bumi pada zaman Nabi Zakaria, Yahya, dan Isa AS. Mereka membunuh Yahya bin Zakharia, dan dikatakan pula bahwa mereka juga membunuh Zakharia, dan ingin membunuh Nabi Isa AS.

Pada masa itu, orang-orang Yahudi mencapai tingkat kekafiran yang sangat besar dan tirani, maka Allah membuat orang-orang yang menghancurkannya kembali menang atas mereka. Allah menyebutkan dalam Taurat yang Allah turunkan kepada Nabi-Nya, Musa, ihwal dua kerusakan dari bani Israil dan apa yang akan terjadi.

Para ahli tafsir terdahulu sepakat dua kali kerusakan ini terjadi di pihak Bani Israil. Ibnu Jarir sepakat dua kali kerusakan yang dilakukan oleh bani Israil adalah kerusakan mereka yang terjadi pada saat terbunuhnya Nabi Yahya bin Zakariya.

Ibnu Jarir berkata, "Adapun kerusakan mereka di muka bumi pada waktu yang akan datang, tidak ada perbedaan pendapat di kalangan ulama bahwa mereka dibunuh oleh Yahya bin Zakaria."

Ibnu Taimiyah berkata, "(Kerusakan) yang pertama (adalah) setelah Sulaiman, dan yang kedua setelah Zakaria, Yahya, dan Isa ketika mereka membunuh Yahya bin Zakariya, yang oleh Ahli Kitab disebut Yohanes Pembaptis."

Sumber: Alukah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement