Senin 01 Apr 2024 16:00 WIB

Doa Sayidina Abu Bakar Memohon Ampunan Allah

Doa Sayidina Abu Bakar mengandung permohonan ampunan dan pengakuan dosa.

Rep: mgrol151/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi berdoa.
Foto: Republika/Mardiah
Ilustrasi berdoa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam praktik keagamaan sehari-hari umat Muslim, sholat menjadi salah satu ibadah utama yang dijalankan secara rutin. Namun, pentingnya berdoa setelah sholat seringkali terlupakan oleh sebagian orang. Padahal, berdoa setelah sholat memiliki banyak manfaat dan keutamaan yang tidak boleh diabaikan.

Berdoa setelah sholat juga dianggap sebagai  wujud syukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah subhanahu wa ta’ala. Sebagaimana Abu Bakar sering doa sebelum salam yang diajarkan oleh Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam.

Baca Juga

Abu Bakar adalah salah satu sahabat Nabi shallallahu alaihi wa sallam yang paling dihormati dalam sejarah Islam dan juga dikenal karena ketekunan dalam doanya. Salah satu doa yang diamalkan oleh Abu Bakar sebelum salam yaitu:

عَنْ أَبِي بَكْرٍ الصِّدِّيق رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّهُ قَالَ لِرَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: عَلِّمْنِي دُعَاءً أَدْعُو بِهِ فِي صَلاَتِي قَالَ: قُلْ: «اللهُمَّ إنِّي ظَلَمْتُ نَفْسِي ظُلْماً كَثِيراً، وَلاَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إلاَّ أَنْتَ، فَاغْفِرْ لِي مَغْفِرَةً مِنْ عِنْدِكَ، وَارْحَمْنِي، إنَّكَ أَنْتَ الْغَفُورُ الرَّحِيْمُ»». مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ.

Allahumma inni zhalamtu nafsii zhulman katsiran, wa laa yaghfirudz dzunuuba illa anta, fagfirlii maghfirotan min indik, warhamnii innaka antal ghofuurur rohim. 

Ya Allah, sesungguhnya aku telah menganiaya diriku sendiri dan tidak ada yang mengampuni dosa kecuali Engkau, maka ampunilah aku dengan ampunan dari sisi-Mu, kasihanilah diriku, sesungguhnya Engkaulah yang Maha Pengampunan lagi Maha Penyayang.” (Muttafaqun ‘alaih) (HR. Bukhari, no. 834 dan Muslim, no. 2705). 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement