Sabtu 30 Mar 2024 20:04 WIB

Dalil-Dalil Alquran tentang Perintah Menegakkan Sholat

Sholat lima waktu adalah salah satu dari lima rukun Islam yang wajib dikerjakan.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Ani Nursalikah
Sejumlah umat muslim melaksanakan sholat sunah di Pasar Tanah Abang, Jakarta, Jumat (15/3/2024).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Sejumlah umat muslim melaksanakan sholat sunah di Pasar Tanah Abang, Jakarta, Jumat (15/3/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sholat lima waktu adalah salah satu dari lima rukun Islam yang wajib dikerjakan bagi umat Islam. Karena hukumnya wajib, maka bagi mereka yang tidak melaksanakannya akan berdosa dan pahala akan didapatkan apabila dilaksanakan.

Sholat lima diperintahkan pertama kali kepada Nabi Muhammad dalam peristiwa Isra' Miraj. Pada mulanya, Allah SWT memerintahkan sholat sebanyak 50 kali sehari semalam sebelum akhirnya menjadi lima kali saja dalam sehari.

Baca Juga

Perintah sholat sudah tertuang dalam beberapa ayat Alquran. Seperti dalam Surat al-Baqarah ayat 43:

وَاَقِيْمُوا الصَّلٰوةَ وَاٰتُوا الزَّكٰوةَ وَارْكَعُوْا مَعَ الرّٰكِعِيْنَ

Wa aqīmuṣ-ṣalāta wa ātuz-zakāta warka‘ū ma‘ar-rāki‘īn(a).

Artinya: "Tegakkanlah sholat, tunaikanlah zakat, dan rukuklah beserta orang-orang yang rukuk."

Tafsir tahlili dalam Quran Kemenag dijelaskan pada ayat tersebut terdapat tiga perintah kepada Bani Israil yakni pertama, menunaikan sholat sebaik-baiknya, melengkapi syarat dan rukunnya serta menjaga waktu-waktunya yang telah ditentukan dan menghadapkan seluruh hati kepada Allah dengan tulus dan khusyuk.

Kemudian perintah kedua dan ketiga dalam ayat tersebut yakni zakat dan masuk Islam serta sholat berjamaah. Sholat berjamaah juga telah dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Perintah sholat lainnya dalam Alquran terdapat pada Surah al-Ankabuut ayat 45:

اُتْلُ مَآ اُوْحِيَ اِلَيْكَ مِنَ الْكِتٰبِ وَاَقِمِ الصَّلٰوةَۗ اِنَّ الصَّلٰوةَ تَنْهٰى عَنِ الْفَحْشَاۤءِ وَالْمُنْكَرِ ۗوَلَذِكْرُ اللّٰهِ اَكْبَرُ ۗوَاللّٰهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُوْنَ

Utlu mā ūḥiya ilaika minal-kitābi wa aqimiṣ-ṣalāh(ta), innaṣ-ṣalāta tanhā ‘anil-faḥsyā'i wal-munkar(i), wa lażikrullāhi akbar(u), wallāhu ya‘lamu mā taṣna‘ūn(a).

Artinya: "Bacalah (Nabi Muhammad) Kitab (Alquran) yang telah diwahyukan kepadamu dan tegakkanlah sholat. Sesungguhnya salat itu mencegah dari (perbuatan) keji dan mungkar. Sungguh, mengingat Allah (salat) itu lebih besar (keutamaannya daripada ibadah yang lain). Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan."

Berikut ayat-ayat Alquran lainnya yang berhubungan dengan perintah sholat, dikutip dari buku Asbabun Nuzul karya Ach Fawaid, yakni Surah al-Baqarah ayat 83 dan 110. Kemudian, Surah an-Nisa' ayat 77 dan 103.

Lalu, Surah al-An'am ayat 72. Kemudian, ada juga Surah Yunus ayat 84 dan Surah Huud ayat 114. Dan Surah Ibrahim ayat 31 serta Surah al-Isra' ayat 78.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement