Rabu 27 Mar 2024 09:40 WIB

Amalan Istimewa para Wali Allah Hingga tak Perlu Khawatir Urusan Akhirat

Wali-wali Allah, yaitu orang-orang yang beriman dan senantiasa bertakwa.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi.
Foto: Republika/Mardiah
Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Allah SWT memiliki wali-wali di dunia, dan wali Allah SWT memiliki keistimewaan tersendiri. Alquran menyebutkan wali-wali Allah itu tidak ada rasa takut pada mereka dan mereka tidak bersedih hati. Wali-wali Allah, yaitu orang-orang yang beriman dan senantiasa bertakwa.

Dalam Kitab Ruhul Bayan, lmam Suyuthi Rahmatullah alaih dalam Kitab Jamiush Shaghir dan As-Sakhawy dalam Kitab Al-Maqashid-nya menyebutkan terdapat riwayat dari Sayyidina lbnu Umar Radhiyallahu 'anhuma.

Baca Juga

Sayyidina Umar bin Khattab berkata bahwa Baginda Nabi Muhammad SAW bersabda, "Di antara umatku, senantiasa ada lima ratus orang pilihan dan empat puluh orang wali abdal. Jika salah seorang di antara mereka meninggal dunia, maka langsung akan ada penggantinya."

Para Sahabat Radhiyallahu 'anhum bertanya kepada Nabi Muhammad SAW, "Apakah amalan istimewa mereka?"

Rasulullah SAW bersabda, "Mereka memaafkan orang yang menzaliminya, berbuat baik kepada orang yang berbuat buruk kepadanya, dan berbagi rezeki dengan sesama."

Hadits lain menyebutkan, "Siapapun yang memberi makan kepada orang yang lapar, memberi pakaian kepada orang yang telanjang, dan memberi tempat bermalam kepada musafir, Allah SWT pasti akan melindunginya dari huru-hara Kiamat."

Syaikh Yahya Barmaki Rahmatullah 'alaih biasa memberikan...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement