Senin 25 Mar 2024 22:41 WIB

Bacaan Salam Saat Memasuki Rumah Kosong

Dianjurkan membaca salam saat memasuki rumah.

Rep: Mabruroh/ Red: Muhammad Hafil
 Dianjurkan membaca salam saat memasuki rumah. Foto:  Rumah kosong (ilustrasi).
Foto: AP Photo/Peter Morgan
Dianjurkan membaca salam saat memasuki rumah. Foto: Rumah kosong (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA — Membaca salam setiap akan memasuki rumah, membaca basmalah saat hendak makan, adalah amalan yang dilakukan oleh umat Muslim.  Sebuah amalan yang ringan namun sangat besar manfaatnya.

 Ketahuilah bahwa jin Dasim itu sangat gemar makan bersama manusia. la akan menikmati makanan bersama orang-orang yang makan tanpa menyebut nama Allah. 

Baca Juga

 Begitu juga ketika rumah sedang ditinggalkan oleh penghuninya, maka para setan dan jin akan menghuni rumah kita. Karena itu, mohonlah perlindungan kepada Allah swt dengan mengucapkan salam sebelum memasuki rumah yang kosong. Insya Allah akan terlindungi dari godaan syaitan yang terkutuk.

Nabi Muhammad Shallallahu'alaihi wa salam bersabda;

"Jika seseorang masuk ke rumahnya dan menyebut nama Allah ketika memasukinya dan ketika makan, maka setan akan berkata; 'Kalian (para setan) tidak akan dapat menginap dan makan.' Namun jika seseorang masuk ke rumahnya dan tidak menyebut nama Allah ketika memasukinya maka setan pun berucap; ‘kalian (para setan) dapat menginap (di rumah tersebut). Apabila seseorang tidak menyebut nama Allah ketika hendak makan, maka setan pun berkata; ‘kalian (para setan) dapat menginap dan makan (di rumah tersebut).” (HR. Muslim)

Setan senantiasa mengikuti langkah manusia. Ia menempel pada diri kita, menanti saat yang tepat untuk menjerumuskan kita dalam ketersesatan. Karena itu, jangan lupa untuk selalu berdzikir menyebut nama Allah sebelum makan, sebelum memasuki rumah, dengan begitu manusia yang hendak digoda setan, akan selalu berada dalam perlindungan Allah Azza wa Jalla. Tak ada celah bagi setan untuk menggodanya.

Berikut ini salam yang dapat dibaca jika rumah dalam keadaan kosong, karena sebagian ulama dari para sahabat menganjurkan seseorang untuk mengucapkan salam atas dirinya. Dari Abdullah bin umar ra, dia berkata, bilamana seseorang masuk ke rumah yang tidak ada orang di dalamnya, maka ucapkanlah: 

السَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللَّهِ الصَّالِحِينَ

Assalaamu ‘alainaa wa’alaa ‘ibaadillaahish shaalihiin.

“Keselamatan atas kami dan atas hamba-hamba Allah yang saleh,” (diriwayatkan imam Bukhari) 

 Oleh karena itu, hendaknya orangtua mengajarkan kepada anak-anak mereka untuk senantiasa membaca doa sebelum melakukan aktivitas apapun, seperti masuk ke kamar mandi, berpakaian, tidur, atau yang lainnya. Karena nama Allah bisa menjadi jaminan bagi keselamatan keluarga dari kejahatan setan.

Sumber:

Baiti Jannati Keluarga yang Diberkahi Allah oleh Malik Al Mughis

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement