Jumat 22 Mar 2024 04:41 WIB

Naskah Khutbah Jumat: Menunaikan Amanah

Indonesia menunggu pemimpin baru untuk memajukan kepentingan umat dan bangsa.

Ilustrasi Mencari Pemimpin Umat
Foto:

Pemimpin yang mampu menunaikan tugas dan janjinya kepada umat dan bangsa, bukan mereka yang tunduk kepada korporat. Sosok yang mampu menaungi jeritan dan tangisan rakyatnya menghadapi ketidakadilan.

Tidak lain, bahwa tugas untuk menunaikan amanah, adalah bentuk penyelenggaraan keadilan Allah melalui tangan-tangan manusia. Sebab, keadilan yang sebenarnya, hanya bisa diwujudkan bila amanah yang diemban oleh setiap pemimpin atau pemangku kebijakan di setiap jenjangnya ditunaikan secara sempurna.

Allah SwT berfirman dalam QS. An-Nisa ayat 58:

إِنَّ اللَّهَ يَأْمُرُكُمْ أَنْ تُؤَدُّوا الْأَمَانَاتِ إِلَىٰ أَهْلِهَا وَإِذَا حَكَمْتُمْ بَيْنَ النَّاسِ أَنْ تَحْكُمُوا بِالْعَدْلِ ۚ إِنَّ اللَّهَ نِعِمَّا يَعِظُكُمْ بِهِ ۗ إِنَّ اللَّهَ كَانَ سَمِيعًا بَصِيرًا

“Sesungguhnya Allah menyuruh kamu menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya, dan (menyuruh kamu) apabila menetapkan hukum di antara manusia supaya kamu menetapkan dengan adil. Sesungguhnya Allah memberi pengajaran yang sebaik-baiknya kepadamu. Sesungguhnya Allah adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat.” (QS. An-Nisa: 58).

Al-Farra berpendapat, bahwa adil bermakna perlakuan setara tanpa memandang jenis (latar belakang, golongan atau tendensi lainnya). Sudah barang tentu, bahwa keadilan itu hanya dapat dicapai bila seluruh rakyat yang dinaungi oleh kebijakannya itu mendapatkan hak yang setara dengan kewajiban yang proporsional.

Orang-orang yang senantiasa menunaikan amanah, termasuk ke dalam golongan orang-orang mu’min dan mushalin. Allah berfirman dalam QS. al-Ma’arij ayat 32:

وَالَّذِينَ هُمْ لِأَمَانَاتِهِمْ وَعَهْدِهِمْ رَاعُونَ

“Dan orang-orang yang memelihara amanat-amanat (yang dipikulnya) dan janjinya.” (QS. Mu’minun: 8 & QS. Al-Ma’arij: 32).

Orang-orang yang memiliki kadar keimanan...

 

sumber : https://suaramuhammadiyah.id/read/khutbah-jum-at-menunaikan-amanah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement