Selasa 19 Mar 2024 21:20 WIB

Tafsir Ayat tentang Khatam Alquran

Kesempatan yang besar datang pada bulan Ramadhan.

Rep: Mgrol150/ Red: Muhammad Hafil
Infografis Cara Mudah Khatam Alquran Selama Ramadhan
Foto: Republika.co.id
Infografis Cara Mudah Khatam Alquran Selama Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Kesempatan yang besar datang pada bulan Ramadhan untuk memperbanyak pahala. Salah satu amalan yang baik untuk dilakukan adalah khatam Alquran, tidak hanya dibaca, melainkan memahami ayat – ayat yang tertulis di dalam Alquran.

Khatam Alquran dapat dijadikan sebagai bukti cinta seorang umat kepada Alquran untuk dijadikan sebagai petunjuk kehidupan baginya, agar selamat di dunia maupun di akhirat. Bahkan, bagi umat muslim yang mengkhatamkan Alquran dapat menjadi Solusi agar selalu diberikan rahmat oleh Allah SWT dan dikabulkannya doa yang selalu dipanjatkan.

Baca Juga

Seperti anjuran dari Allah SWT pada surat Al Muzzammil ayat 20 yang berbunyi,

فَاقْرَءُوا مَا تَيَسَّرَ مِنْهُ

Artinya : “Maka bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al Quran.”

Menurut tafsir ringkas Kemenag, pada ayat ini dijelaskan bahwa Allah SWT mengetahui bahwa kamu tidak dapat menentukan batas-batas waktu itu secara pasti dan rinci dalam melaksanakan shalat, maka Allah SWT memberi keringanan kepadamu menyangkut apa yang telah ditetapkan-Nya sebelum ini, karena itu bacalah apa yang mudah bagimu dari Alquran.  

Allah SWT juga mengetahui bahwa akan ada di antara kamu orang-orang yang sakit sehingga akan sulit melaksanakan shalat malam seperti yang diperintahkan dan ada juga yang berjalan di bumi yaitu bepergian jauh untuk mencari sebagian karunia Allah SWT baik urusan perniagaan atau menuntut ilmu. 

Allah SWT mengetahui juga akan ada yang lain berperang di jalan Allah SWT, maka bacalah apa yang mudah bagimu dari Alquran dan laksanakanlah shalat secara baik dan berkesinambungan, tunaikanlah zakat secara sempurna dan berikanlah pinjaman kepada Allah SWT pinjaman yang baik yaitu segala pemberian di jalan Allah SWT di luar kewajiban zakat.

Kebaikan apa saja yang kamu perbuat untuk dirimu niscaya kamu memperoleh balasan-nya di sisi Allah SWT sebagai balasan yang paling baik dan yang paling besar pahalanya. Dan di samping amalan tersebut maka mohonlah ampunan kepada Allah SWT. sungguh, Allah SWT Maha Pengampun dan juga Maha Penyayang. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement