Selasa 19 Mar 2024 14:16 WIB

Di Akhir Zaman 50 Wanita Mempunyai Satu Laki-Laki, Apa Maksudnya?

Laki-laki berkurang ketika datang cobaan dan peperangan.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Muslimah
Foto: Pixabay
Ilustrasi Muslimah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kehidupan di alam ini akan tiba suatu masa yang namanya akhir zaman. Ini menandakan kiamat akan segera datang meskipun hanya Allah SWT yang mengetahui kapan kiamat itu akan datang.

Namun, manusia dapat memperhatikan tanda-tanda kiamat sekaligus akhir zaman, di antaranya adalah banyaknya wanita dibandingkan dengan laki-laki. Tema tentang lebih banyaknya wanita dibandingkan laki-laki bersumber dari hadits.

Baca Juga

Mahir Ahmad Ash-Shufiy menjelaskan dalam bukunya Tanda-Tanda Kiamat Tanda-Tanda Kecil dan Menengah tentang banyaknya wanita dan sedikitnya laki-laki. Ia mengutip sebuah hadis dari Anas r.a bahwa Rasulullah Saw bersabda, "Di antara tanda-tanda kiamat adalah berkurangnya ilmu, munculnya kebodohan, tersebarnya perzinaan, banyak wanita, sedikit laki-laki sehingga 50 wanita mempunyai satu laki-laki." (HR. Bukhari).

Mahir mengatakan situasi banyak wanita dan sedikit laki-laki akan terjadi ketika banyak fitnah, peperangan, pembunuhan dan timbangan berkurang. Maksud dari timbangan berkurang adalah perbandingan antara laki-laki dan wanita tidak seimbang.

Dan situasi tersebut sudah terjadi sejak nabi Adam. Laki-laki berkurang ketika datang cobaan dan peperangan. Banyak laki-laki terbunuh karena perang sehingga tersisa hanya wanita. Sebab mereka tidak ikut berperang.

Pada saat itu, satu laki-laki berbanding...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement