Ahad 17 Mar 2024 06:05 WIB

Nabi Adam Hingga Nabi Hud Manusia Purba Rendah Peradaban? Ini Penjelasan Alquran

Alquran berikan keterangan tentang kondisi peradaban era Nabi Hud

Rep: Fuji E Permana / Red: Nashih Nashrullah
Jejak Nabi Adam alaihissalam yang diklaim berada di Srilanka.

Nabi Hud juga hidup di antara manusia yang jumlahnya banyak atau dapat disebut suatu kaum. Kaum ini ternyata telah mampu membuat “bangunan” dan “benteng” sebagaimana dijelaskan pada ayat Alquran di atas. 

Benteng bukanlah bangunan sederhana, sebab bangunan benteng berbentuk besar, tinggi, dan tebal sehingga dibutuhkan banyak manusia dan kemampuan mobilisasi massa serta teknologi tinggi untuk membangun benteng. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

اَلَمْ يَأْتِهِمْ نَبَاُ الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِهِمْ قَوْمِ نُوْحٍ وَّعَادٍ وَّثَمُوْدَ ەۙ وَقَوْمِ اِبْرٰهِيْمَ وَاَصْحٰبِ مَدْيَنَ وَالْمُؤْتَفِكٰتِۗ اَتَتْهُمْ رُسُلُهُمْ بِالْبَيِّنٰتِۚ فَمَا كَانَ اللّٰهُ لِيَظْلِمَهُمْ وَلٰكِنْ كَانُوْٓا اَنْفُسَهُمْ يَظْلِمُوْنَ

“Apakah tidak sampai kepada mereka berita (tentang) orang-orang sebelum mereka, (yaitu) kaum Nuh, ‘Ad, Samud, kaum Ibrahim, penduduk Madyan, dan (kaum Lut) yang kota-kotanya dijungkirbalikkan? Telah datang kepada mereka rasul-rasul dengan membawa bukti-bukti yang nyata. Allah tidak akan pernah menzalimi mereka, tetapi merekalah yang selalu menzalimi diri sendiri.” (QS At-Taubah Ayat 70)

Dilansir dari buku Kisah Para Nabi Pra Ibrahim Dalam Perspektif Alquran dan Sains yang disusun Lajnah Pentashihan Mushaf Alquran Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), 2012, ayat di atas semakin menegaskan bahwa kaum Nabi Hud telah cukup besar dan berkembang sedemikian rupa sehingga tidak lagi disebut kampung, melainkan kota, bahkan disebut “negeri.”

Istilah “negeri” mengacu pada pengertian adanya masyarakat kota yang cukup maju dengan intensitas kegiatan yang cukup tinggi dan ditopang oleh desa atau kampung di sekitarnya. 

Mengacu pada sejarah kebudayaan, periode ketika manusia telah mengembangkan kehidupan perkotaan adalah ketika manusia masuk pada zaman logam, atau secara spesifik pada masa Revolusi Perkotaan. 

 

Sebuah negeri dengan aktivitas perkotaan sewajarnya meninggalkan bukti-bukti yang melimpah. Namun, kehancuran negeri ini akibat angin membuat bukti-bukti tersebut sulit ditemukan, meskipun tidak berarti tidak dapat ditemukan. 

photo
Infografis Berapa Tahun Diturunkannya Alquran - (Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement