Jumat 15 Mar 2024 01:55 WIB

Naskah Khutbah Jumat: Menyambut Ramadhan dengan Gembira

Ramadhan adalah kesempatan mendapatkan ampunan dan keberkahan Allah.

Pengendara melintas di bawah hiasan lampion ketupat di Pasar Gede, Solo, Jawa Tengah.
Foto:

Jama'ah yang dirahmati Allah

Rasulullah Muhammad saw memberikan pedoman praktis dalam menjalani ibadah puasa ini melalui hadisnya yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim:

إِذَا كَانَ أَوَّلُ لَيْلَةٍ مِنْ شَهْرِ رَمَضَانَ صُفِّدَتِ الشَّيَاطِينُ وَمَرَدَةُ الْجِنِّ وَغُلِّقَتِ الْأَبْوَابُ وَفُتِّحَتِ السَّمَاءُ وَأُغْلِقَتِ السَّمَاءُ وَلَمْ يُفْتَحْ مِنْهَا بَابٌ وَفُتِّحَتِ الْجَنَّةُ وَلَمْ يُغْلَقْ مِنْهَا بَابٌ وَيُنَادِي مُنَادٍ يَا بَاغِيَ الْخَيْرِ أَقْبِلْ وَيَا بَاغِيَ الشَّرِّ أَقْصِرْ وَلِلَّهِ عُتَقَاءُ مِنَ النَّارِ وَذَلِكَ كُلَّ لَيْلَةٍ

Artinya: "Apabila telah masuk malam pertama dari bulan Ramadhan, maka setan-setan dibelenggu, jin-jin dimasukkan dalam penjara, pintu-pintu neraka ditutup, dan tidak ada pintu neraka yang dibuka. Pintu-pintu surga dibuka, dan tidak ada pintu surga yang ditutup. Kemudian ada suara yang berseru, 'Wahai yang mencari kebaikan, marilah maju! Wahai yang mencari kejelekan, tinggalkanlah!' dan Allah membebaskan beberapa orang hamba-Nya dari neraka, dan itu terjadi pada setiap malam."

Inilah momentum yang sangat berharga, di mana kita memiliki kesempatan untuk mendapatkan ampunan dan keberkahan Allah SwT. Selain menjalankan puasa, kita dianjurkan untuk meningkatkan kualitas ibadah lainnya, seperti shalat malam, bersedekah, membaca Al-Quran, dan berdoa.

Mari kita sambut bulan Ramadhan dengan hati yang bersih, niat yang tulus, dan tekad untuk meningkatkan kualitas hidup kita. Semoga kita semua diberikan kekuatan untuk menjalani ibadah puasa dengan penuh keikhlasan dan kegembiraan.

أقُوْلُ قَوْلِيْ هَذَا فَاسْتَغْفِرُوْهُ إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْم

Khutbah Kedua

الْحَمْدُ لِلهِ الَّذِيْ بِنِعْمَتِهِ تَتِمُّ الصَّالِحَاتُ، وَبِفَضْلِهِ تَتَنَزَّلُ الْخَيْرَاتُ وَالْبَرَكَاتُ، وَبِتَوْفِيْقِهِ تَتَحَقَّقُ الْمَقَاصِدُ وَالْغَايَاتُ أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنْ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ لَانَبِيَّ بَعْدَهُ

اللهم صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ المُجَاهِدِيْنَ الطَّاهِرِيْنَ. أَمَّا بَعْدُ، فَيَا آيُّهَا الحَاضِرُوْنَ أُوْصِيْكُمْ وَإِيَّايَ بِتَقْوَى اللهِ وَطَاعَتِهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ. يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ، وَتَزَوَّدُوا فَإِنَّ خَيْرَ الزَّادِ التَّقْوَى

 إنَّ اللهَ وملائكتَهُ يصلُّونَ على النبِيِّ يَا أيُّهَا الذينَ ءامَنوا صَلُّوا عليهِ وسَلّموا تَسْليمًا

اللّـهُمَّ صَلّ على  محمَّدٍ وعلى ءالِ  محمَّدٍ كمَا صلّيتَ على  إبراهيمَ وعلى ءالِ  إبراهيم وبارِكْ على  محمَّدٍ وعلى ءالِ محمَّدٍ كمَا بارَكْتَ على  إبراهيمَ وعلى ءالِ  إبراهيمَ إنّكَ حميدٌ مجيدٌ.

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ، وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ اْلأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلأَمْوَاتِ، إِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدّعَوَاتِ.

اللَّهُمَّ اغْفِرْلَنَا ذُنُوْبَنَا وَ ذُنُوْبَ وَالِدَيْنَا وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانَا صِغَارًا

رَبَنَا ءَاتِنَا فِي الدّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النّارِ. والحمد لله رب العالمين

sumber : https://suaramuhammadiyah.id/read/khutbah-jum-at-menyambut-ramadhan-dengan-gembira
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement