Selasa 12 Mar 2024 16:46 WIB

Alquran Sebutkan Hewan-Hewan dan 7 Keunikannya Terungkap Ilmu Modern Kini 

Mukjizat Alquran tentang hewan terungkap melalui penelitian ilmiah

Rep: Umar Mukhtar / Red: Nashih Nashrullah
Sengatan lebah (ilustrasi). Mukjizat Alquran tentang hewan terungkap melalui penelitian ilmiah
Foto:

"Dari jumlah itu, hanya sedikit saja yang sudah diteliti hingga sekarang. Dan dari penelitian yang sedikit ini didapat kesimpulan bahwa ada Allah yang telah menciptakan semua itu dan membuatnya teratur," paparnya.

Nadiah juga menjabarkan beberapa keajaiban hewan. Pertama, burung-burung memiliki insting untuk kembali ke tempat asalnya, yang dianugerahkan Allah kepadanya. Misalnya burung bulbul. 

Burung ini bermigrasi ke selatan pada musim gugur, dan kembali lagi ke sarang asalnya pada musim semi berikutnya. Burung merpati bisa kembali dan tidak tersesat menemukan sarangnya setelah melewati perjalanan panjang dalam menunaikan tugasnya.

Kedua, lebah madu dapat menemukan sarangnya meskipun angin kencang berembus menerpa semak-semak dan pepohonan. "Itu semua merupakan bukti yang bisa dilihat tentang adanya Sang Pencipta," terang Nadiah.

Ketiga, jika seseorang meninggalkan kuda yang sudah tua sendirian, maka ia bisa kembali pulang walaupun pada malam gelap gulita. 

Kuda tersebut bisa melihat dalam kegelapan dengan merasakan perbedaan suhu panas antara jalanan dan yang bukan jalanan, dengan kedua matanya yang hanya mampu menangkap secercah cahaya.

Keempat, burung hantu dapat melihat tikus yang bertubuh hangat dan kecil, yang berlari menyusuri rerumputan dingin di tengah gelapnya malam. Adapun manusia harus menyalakan cahaya untuk bisa melihat seperti itu.

Kelima, kerang memiliki sejumlah mata yang menyerupai mata manusia dan berkilau. Namun, mata kerang memiliki semacam cermin pemantul yang banyak sekali. Cermin itu untuk membantu kerang melihat benda-benda dari sisi kanan ke atas. 

Cermin semacam ini tidak terdapat pada mata manusia. Adanya cermin pemantul tersebut tidak lain karena kerang tidak memiliki kekuatan pikiran seperti manusia.

Baca juga: Bawah Masjid Al Aqsa Penuh Terowongan, Mitos Kuil Sulaiman dan Sapi Merah yang tak Muncul 

Keenam, yaitu keunikan yang ada pada lebah madu karena ia tidak melihat bunga-bunga yang mekar sebagaimana manusia lihat. Lebah madu melihatnya dengan cahaya ultraviolet sehingga bunga-bunga itu menjadi sangat menarik baginya.

 

Ketujuh, ialah anjing yang dianugerahi hidung dengan penciuman yang sangat tajam dan bisa mengenali bau hewan yang dilewatinya. Tidak ada perangkat khusus yang berhasil diciptakan manusia untuk menguatkan indera penciumannya. "Bahkan, kita hampir tidak tahu dari mana harus memulai untuk menciptakan alat tersebut," terangnya.

photo
Infografis Berapa Tahun Diturunkannya Alquran - (Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement