Selasa 12 Mar 2024 16:46 WIB

Alquran Sebutkan Hewan-Hewan dan 7 Keunikannya Terungkap Ilmu Modern Kini 

Mukjizat Alquran tentang hewan terungkap melalui penelitian ilmiah

Rep: Umar Mukhtar / Red: Nashih Nashrullah
Sengatan lebah (ilustrasi). Mukjizat Alquran tentang hewan terungkap melalui penelitian ilmiah
Foto: Antara
Sengatan lebah (ilustrasi). Mukjizat Alquran tentang hewan terungkap melalui penelitian ilmiah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Alquran mengabadikan keagungan Allah SWT dan juga menunjukkan tanda kebesaran-Nya. 

Salah satu tanda kebesaran Allah SWT terdapat pada hewan. Allah SWT tidaklah serta-merta menciptakan sesuatu tanpa adanya manfaat, termasuk juga hewan. Allah SWT berfirman:

Baca Juga

وَمَا مِنْ دَاۤبَّةٍ فِى الْاَرْضِ وَلَا طٰۤىِٕرٍ يَّطِيْرُ بِجَنَاحَيْهِ اِلَّآ اُمَمٌ اَمْثَالُكُمْ ۗمَا فَرَّطْنَا فِى الْكِتٰبِ مِنْ شَيْءٍ ثُمَّ اِلٰى رَبِّهِمْ يُحْشَرُوْنَ

"Dan tidak ada seekor binatang pun yang ada di bumi dan burung-burung yang terbang dengan kedua sayapnya, melainkan semuanya merupakan umat-umat (juga) seperti kamu. Tidak ada sesuatu pun yang Kami luputkan di dalam Kitab, kemudian kepada Tuhan mereka dikumpulkan." (QS Al An'am ayat 38)

Dr Nadiah Thayyarah, dalam "Sains dalam Al-Qur'an: Mengerti Mukjizat Ilmiah Firman Allah", menyampaikan, semua hewan dan perilakunya telah diteliti dengan metode yang paling canggih. Bahkan, para ilmuwan juga menggunakan satelit-satelit buatan untuk meneliti kehidupan hewan ini.

Para peneliti telah sampai pada kesimpulan bahwa hewan-hewan tersebut ada di tiga habitat kehidupan, yaitu udara, permukaan bumi, dan perairan. 

Penelitian-penelitian itu senantiasa menemukan hal-hal baru setiap kali peralatan dan pengetahuan manusia bertambah maju.

"Penelitian-penelitian ini juga menemukan adanya suatu keteraturan yang sangat tinggi dalam kehidupan para penghuninya, yaitu keteraturan dalam hal migrasi, pertumbuhan, perlindungan diri, pencarian makanan, dan lain sebagainya," jelasnya.

Hewan-hewan merupakan lapangan yang terbuka bagi setiap orang yang ingin mempelajari keajaiban kehidupan di alam. Para ilmuwan memperkirakan jumlah hewan lebih dari dua juta keluarga. 

Dari jumlah itu..

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement