Kamis 07 Mar 2024 22:39 WIB

Ayat Alquran Ini Kisahkan Mukjizat Nabi Daud Saat Gunung dan Burung Bertasbih Bersama

Allah SWT membekali para nabi dan rasul dengan mukjizat

Ilustrasi Gunung. Allah SWT membekali para nabi dan rasul dengan mukjizat
Foto: Antara/Budi Afandi
Ilustrasi Gunung. Allah SWT membekali para nabi dan rasul dengan mukjizat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Allah SWT memberikan mukjizat kepada semua nabi dan rasul. Mukjizat tersebut mempunyai sejumlah tujuan, antara lain penguat dakwah saat menghadapi orang-orang yang kufur. 

Tafsir Qashashi jilid III karya Sofyan Hadi, menjelaskan salah satu nabi yang dikaruniai mukjizat adalah Nabi Daud. Nabi Daud alaihissalam saat bertasbih maka gunung dan burung juga ikut bertasbih bersamanya. Demikian disebutkan.  

Baca Juga

Kisah bertasbihnya gunung-gunung dan burung bersama Nabi Daud disebutikan dalam tiga surat yaitu Pertama, surat al anbiya 78-79 seperti disebutkan sebagai berikut:

وَدَاوُودَ وَسُلَيْمَانَ إِذْ يَحْكُمَانِ فِي الْحَرْثِ إِذْ نَفشَتْ فِيهِ عَنْمُ الْقَوْمِ وَكُنَّا لِحُكْمِهِمْ شَاهِدِينَ (78) فَفَهَّمْنَاهَا سُلَيْمَانَ وَكُلًّا آتَيْنَا حُكْمًا وَعِلْمًا وَسَخَّرْنَا مَعَ دَاوُودَ الجِبَالَ يُسَبِّحْنَ وَالطَّيْرِ وَكُنَّا فَاعِلِينَ (79)

Artinya: "Dan (ingatlah kisah) Nabi Daud as dan Sulaiman, di waktu keduanya memberikan keputusan mengenai tanaman, karena tanaman itu dirusak oleh kambing-kambing kepunyaan kaumnya. Dan adalah Kami menyaksikan keputusan yang diberikan oleh mereka itu, (78), maka Kami telah memberikan pengertian kepada Sulaiman tentang hukum (yang lebih tepat); dan kepada masing-masing mereka telah Kami berikan hikmah dan ilmu dan telah Kami tundukkan gunung- gunung dan burung-burung, semua bertasbih bersama Nabi Daud as. Dan Kami lah yang melakukannya. (79)

Kedua, surat Shad ayat 18 

إنَّا سَخَرْنَا الْجِبَالَ مَعَهُ يُسَبِّحْنَ بِالعَشِي وَالْإِشْرَاقِ (18)

Artinya: "Dan (Kami tundukkan pula) burung-burung dalam keadaan terkumpul. Masing-masingnya amat taat kepada Allah.”

Ketiga, surat Saba' ayat 10 

ولقد آتينا دَاوُودَ مِنَّا فَضْلًا يَاجِبَالُ أوبي مَعَهُ وَالطَّير وَالنَّا لَهُ

الحديد (10)

Artinya: "Dan sesungguhnya telah Kami berikan kepada Nabi Daud as karunia dari kami. (Kami berfirman): "Hai gunung-gunung dan burung- burung, bertasbihlah berulang-ulang bersama Nabi Daud as", dan Kami telah melunakkan besi untuknya."

sumber : Dokumentasi Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement