Rabu 06 Mar 2024 21:18 WIB

Ayat Alquran Ini Ungkap Allah SWT Jaga Langsung Masjid Al Aqsa dan Palestina

Tanah Palestina adalah tanah yang diberkati Allah SWT

Warga Palestina di Masjid Al-Aqsa (Ilustrasi). Tanah Palestina adalah tanah yang diberkati Allah SWT
Foto: AP Photo/Mahmoud Illean
Warga Palestina di Masjid Al-Aqsa (Ilustrasi). Tanah Palestina adalah tanah yang diberkati Allah SWT

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Palestina  yang menjadi lokasi Masjid Al-Aqsa, diberkahi Allah Ta'ala. Bahkan Allah SWT juga memberkahi sekeliling Al-Aqsa yakni kota Al-Quds dan wilayah sekitarnya di Palestina. 

Hal ini seperti diabadikan firman Allah ta'ala dalam Alquran surat Al Isra ayat 1 yaitu sebagai berikut:  

Baca Juga

سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ

Artinya: “Mahasuci (Allah) yang telah memperjalankan hamba-Nya (Nabi Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidilaqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya425) agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Mahamendengar lagi Mahamelihat.” (QS al-Isra ayat 1).

Menurut Ibnu Katsir dalam tafsirnya disebutkan bahwa Baitul Maqdis itu menjadi pusat kehidupan para nabi sejak Nabi Ibrahim alaihissalam.

Dan di tempat itu pula para nabi berkumpul menyambut Rasulullah SAW dalam peristiwa Isra Miraj. Dan keberkahan itu juga di antaranya berupa tumbuhnya berbagai tanaman dan buah-buahan. 

وقوله : الذي باركنا حوله. اى: في الزروع والثمار. 

“Firman Allah: alladzi barokna haulahu. Yakni di dalamnya terdapat tanaman dan buah-buahan.” (Lihat tafsir Qur'an Al Adzim karya Ibnu Katsir, cetakan Dar Thayyibah linnasyri wa Tauzi, Saudi, Juz 5, halaman 5). 

Selain pada surat Al Isra, tentang keberkahan Palestina juga disebutkan pada surat Al Anbiya ayat 71, yaitu sebagai berikut: 

وَنَجَّيْنَاهُ وَلُوطًا إِلَى الْأَرْضِ الَّتِي بَارَكْنَا فِيهَا لِلْعَالَمِينَ

Artinya: “Dan Kami seIamatkan Ibrahim dan Luth ke sebuah negeri yang Kami telah memberkahinya untuk sekalian manusia.” (QS surat Al Anbiya ayat 71). 

Para ulama ahli tafsir

 

 

sumber : Dokumentasi Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement