Rabu 06 Mar 2024 17:13 WIB

Surah Alquran yang Jika Dibaca Berulang Kali akan Datangkan Syafaat kepada Pembacanya

Setiap orang menginginkan syafaat di hari kiamat.

Rep: mgrol151/ Red: Erdy Nasrul
Ngaji Surah al Mulk.
Foto:

Siksa kubur akan terasa sangat berat untuk umat Muslim yang semasa hidupnya sering melakukan dosa, bermaksiat, tidak mengerjakan perintah Allah, sunnah Rasulullah, dan jarang melakukan kebaikan. Maka orang tersebut akan mendapatkan siksa yang sangat pedih di akhirat.

Namun, Allah menjanjikan kepada umatnya jika ingin dilindungi dari siksa kubur hanya perlu mengamalkan ibadah yang sudah diperintahkan, salah satunya membaca Surat al-Mulk secara rutin. Sebab, Rasulullah SAW juga menyebutkan salah satu keutamaan dari surat ini ialah dilindungi dari siksa kubur.  

Selain itu, Surat al-Mulk juga seringkali dilakukan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam sebelum tidur. Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadis berikut ini:

عَنْ جَابِرٍ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ لَا يَنَامُ حَتَّى يَقْرَأَ: المَ تَنْزِيلُ وَتَبَرَكَ الَّذِي بِيَدِهِ الْمُلْكُ

Jabir berkata: “Nabi biasa tidak tidur sehingga membaca Surat as-Sajdah dan al-Mulk terlebih dahulu.” (HR At-Tirmidzi, An-nasa’i, Ahmad dan Al-Hakim). 

 

Membaca Surat al-Mulk setiap malam juga bermanfaat, memberikan perlindungan seseorang dalam keadaan tidurnya, dan bisa memperkuat keimanan seseorang. Karena dalam surat ini mengandung pengingat atas keesaan Allah, sehingga setiap orang yang membacanya akan meyakini bahwa kekuasaan hanya milik Allah SWT.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement