Rabu 13 Mar 2024 00:39 WIB

Macam-macam Amalan untuk Memperluas Rezeki dan Terhindar dari Kemelaratan

Rezeki bukan semata-mata uang.

Rep: mgrol151/ Red: Erdy Nasrul
Berdoa (ilustrasi)
Foto:

Selain menjaga lisan dan memiliki sikap tawadhu, amalan lainnya dengan bekerja keras. Mendapatkan rezeki adalah tujuan yang sangat penting dalam kehidupan setiap manusia. Tidak sedikit orang percaya bahwa bekerja keras adalah kunci untuk mendapatkan rezeki dengan mudah. 

Begitupun Allah SWT menyukai orang yang jika menginginkan sesuatu maka ia akan terus bekerja keras dengan tangannya sendiri. Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda 

لأَنْ يَحْتَطِبَ أَحَدُكُمْ حُزْمَةً عَلَى ظَهْرِهِ خَيْرٌ مِنْ أَنْ يَسْأَلَ أَحَدًا ، فَيُعْطِيَهُأَوْ يَمْنَعَهُ

Lebih baik seseorang bekerja dengan mengumpulkan seikat kayu bakar di punggungnya dibanding dengan seseorang yang meminta-minta (mengemis) lantas ada yang memberi atau enggan memberi sesuatu padanya.” (HR Bukhari no. 2074).

Bekerja keras dengan hasil keringat sendiri justru lebih merasakan kenikmatan rasa lelahnya. Karena, bekerja keras bisa menciptakan nilai baik yang tertanam pada dirinya. Ketika seseorang memberikan yang terbaik dalam setiap tugas dan tanggungjawab mereka, maka mereka akan membangun reputasi yang baik di mata orang lain.

Sehingga Allah SWT juga tidak akan ragu memberikan jalan yang mudah bagi setiap umatnya yang berusaha untuk bekerja keras.  

Keempat, dzikir setiap selesai sholat fardhu

Sesuai dengan Alquran Surat al-Jumuah ayat 10:

فَاِذَا قُضِيَتِ الصَّلٰوةُ فَانْتَشِرُوْا فِى الْاَرْضِوَابْتَغُوْا مِنْ فَضْلِ اللّٰهِ وَاذْكُرُوا اللّٰهَ كَثِيْرًالَّعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ

Apabila sholat telah dilaksanakan, maka bertebaranlah kamu di bumi; carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak agar kamu beruntung.

Begitupun dengan Surat al-Ahzab ayat 41-42, berbunyi: 

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اذْكُرُوا اللهَ ذِكْرًا كَثِيرًا (41) وَسَبِّحُوهُ بُكْرَةً وَأَصِيلاً

Hai orang-orang yang beriman, berdzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, dzikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya di waktu pagi dan petang.

Dengan memperbanyak dzikir, maka seseorang akan senantiasa mengingat Allah SWT, dan membukakan keberkahan bagi hidupnya. Dzikir juga bisa dengan mengucapkan tasbih, tahmid, takbir, tahlil, dan lain sebagainya. 

Kelima, membaca surat Al Waqiah

Rasulullah bersabda: Barangsiapa membaca surat Al Waqiah setiap malam, tidak akan ditimpa kemiskinan selamanya." (HR Al Hakim).  

Hal ini menunjukan bahwa membaca surat Al Waqiah dengan rutin akan menjadi melindungi seseorang ketika merasa kekurangan rezeki. Dengan begitu, Allah memberikan pahala kepada setiap orang yang mengamalkan amalan ini. Tidak hanya membaca saja, tapi juga menghafal, memahami maknanya, dan menjalankan perintah yang ada dalam surat itu juga menjadi ladang pahala. 

Tak hanya itu, surat ini juga bisa mencegah kemiskinan, dijauhkan dari kesusahan, dan mempermudah segala urusan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement