Rabu 28 Feb 2024 16:21 WIB

Jangan Pernah Sakiti Kedua Orang Tua, Ingat Pesan-Pesan Rasulullah SAW tentang Durhaka

Islam menekankan pentingnya berbakti kepada kedua orang tua

Ilustrasi berbakti kepada kedua orang tua. Islam menekankan pentingnya berbakti kepada kedua orang tua
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ilustrasi berbakti kepada kedua orang tua. Islam menekankan pentingnya berbakti kepada kedua orang tua

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Islam memberikan panduan dan garis tegas berbakti kepada kedua orang tua. 

Perintah itu bahkan tertuang dengan jelas dalam Alquran. Di antaranya adalah surat An-Nisa ayat 36. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

Baca Juga

۞ وَاعْبُدُوا اللّٰهَ وَلَا تُشْرِكُوْا بِهٖ شَيْـًٔا وَّبِالْوَالِدَيْنِ اِحْسَانًا وَّبِذِى الْقُرْبٰى وَالْيَتٰمٰى وَالْمَسٰكِيْنِ وَالْجَارِ ذِى الْقُرْبٰى وَالْجَارِ الْجُنُبِ وَالصَّاحِبِ بِالْجَنْۢبِ وَابْنِ السَّبِيْلِۙ وَمَا مَلَكَتْ اَيْمَانُكُمْ ۗ اِنَّ اللّٰهَ لَا يُحِبُّ مَنْ كَانَ مُخْتَالًا فَخُوْرًاۙ

“Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apa pun. Berbuat baiklah kepada kedua orang tua, karib kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga dekat dan tetangga jauh, teman sejawat, ibnusabil, serta hamba sahaya yang kamu miliki. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang sombong lagi sangat membanggakan diri.” (QS An-Nisa' ayat 36).

Rasulullah SAW juga memperingatkan bahaya durhaka kepada kedua orang tua. Hal ini tak lain mengisyaratkan betapa kuat posisi dan keramat keduanya menurut Islam. Berikut ini tiga pesan Rasulullah SAW tentang bahaya durhaka kepada kedua orang tua. 

Pertama, seorang yang durhaka pada orang tua tak akan masuk surga 

ثلاثة حرم الله تبارك وتعالى عليهم الجنة : مدمن الخمر ، والعاق ، والديوث الذي يقر الخبث في أهله

“Ada tiga orang yang Allah haramkan mereka masuk surga. Pecandu Khomr, Anak yang durhaka pada orang tua, dan dayyuts yaitu orang yang setuju dengan maksiat yang dilakukan keluarganya.” (HR. Imam Ahmad, Imam Nasai, Al Bazzae dan Imam Hakim)

Kedua, durhaka termasuk dosa besar 

إن الله حرم عليكم عقوق الأمهات ووأد البنات ، ومنعا وهات ، وكره لكم قيل وقال : وكثرة السؤال وإضاعة المال 

"Sesungguhnya Allah mengharamkan atas kalian berbuat durhaka kepada para ibu kalian, dan mengharamkan mengubur anak perempuan hidup-hidup, menolak kewajiban dan menuntut yang bukan haknya. Allah juga membenci kika kalian menyebarkan kabar burung, banyak bertanya, dan menyia-nyiakan harta.” (HR Bukhari). Dalam riwayat lain, Rasulullah SAW bersabda: 

ألا أنبئكم بأكبر الكبائر ثلاثا ؟ قلنا بلى يا رسول الله قال الإشراك بالله وعقوق الوالدين ، وكان متكئا فجلس فقال : ألا وقول الزور وشهادة الزور ، فما زال يكررها حتى قلنا ليته سكت

“Maukah aku ceritakan kepada kalian dosa besar yang paling besar, yaitu tiga perkara? Kami menjawab, Ya, Rasulullah. Rasulullah berkata, ‘Menyekutukan Allah, dan mendurhakai dua orang tua.’ Rasulullah sedang bersandar lalu duduk, maka berkata Rasulullah, ‘Tidak mengatakan kebohongan dan kesaksian palsu. Beliau terus mengulainya sampai kami berkata semoga beliau berhenti.” (HR Bukhari dan Muslim) Demikian juga hadits berikut: 

الكبائر الإشراك بالله ، وعقوق الوالدين ، وقتل النفس ، واليمين الغموس

“Dosa besar itu menyekutukan Allah, durhaka kepada kedua orang tua, membunuh manusia dan Al Yamin Al Ghomus (sumpah palsu).” (HR Bukhari). Sementara itu, dalam riwayat lain, Rasulullah SAW bersabda: 

ذكر رسول الله صلى الله عليه وسلم الكبائر فقال : الشرك بالله ، وعقوق الوالدين

“Rasulullah SAW menyebutkan tentang dosa besar, beliau berkata, ‘Dosa besar yaitu menyekutukan Allah dan durhaka pada orang tua.” (HR Imam Bukhari, Imam Muslim, dan Imam Tirmidzi)

وأن أكبر الكبائر عند الله يوم القيامة الإشراك بالله ، وقتل النفس المؤمنة بغير الحق ، والفرار في سبيل الله يوم الزحف ، وعقوق الوالدين ، ورمي المحصنة ، وتعلم السحر ، وأكل الربا ، وأكل مال اليتيم

Baca juga: Alquran Sebut Langit Tercipta Hingga 7 Lapisan, Begini Penjelasan Ilmiahnya

“Sesungguhnya dosa yang paling besar di sisi Allah pada hari kiamat adalah syirik, membunuh mukmin tanpa alasan yang benar, lari dari perang ketika melawan kafir, durhaka kepada kedua orang tua, menuduh wanita suci dengan tuduhan perzinahan, mempelajari sihir, memakan harta riba dan memakan harta anak yatim.” (Hadits riwayat Ibnu Hibban dalam kitab sahihnya).

Ketiga, tak akan dipedulikan Allah SWT pada hari kiamat

ثلاثة لا ينظر الله إليهم يوم القيامة : العاق لوالديه ، ومدمن الخمر ، والمنان عطاءه . وثلاثة لا يدخلون الجنة : العاق لوالديه ، والديوث ، والرجلة من النساء

“Tiga orang yang tidak akan dipandang Allah di hari kiamat. Yang durhaka kepada orang tua, yang kecanduan alkohol, yang juga mengungkit-ungkit pemberian. Dam tiga orang yang tidak akan masuk surga, yang durhaka pada orang tua, dayyuts (membiarkan istrinya melakukan maksiat), dan lelaki yang menyerupai perempuan.” (HR Nasa'i).

photo
Anak durhaka ingin bertobat (ilustrasi) - (republika)

sumber : Dokumentasi Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement