Rabu 28 Feb 2024 16:24 WIB

Tiga Doa Pembuka Pintu Rezeki

Doa merupakan sarana kita sebagai umat islam untuk menyampaikan keinginan.

Rep: Mabruroh/ Red: Muhammad Hafil
Tiga Doa Pembuka Pintu Rezeki. Foto:  Berdoa (ilustrasi)
Foto: Republika
Tiga Doa Pembuka Pintu Rezeki. Foto: Berdoa (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA —  Doa merupakan sarana kita sebagai umat islam untuk menyampaikan keinginan, harapan, dan permintaan langsung kepada Allah swt. Doa juga merupakan bentuk Komunikasi kita sebagai manusia kepada sang khaliq, selain itu doa juga bentuk penghambaan kita sebagai makhluk lemah dan tidak berdaya, karenanya akan selalu membutuhkan pertolongan-Nya.

Allah berfirman agar makhluknya senantiasa berdoa dan memohon hanya kepadanya, “Memohonlah kepada-Ku niscaya akan kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong dari ibadah kepada-Ku akan menjadi penghuni neraka dalam keadaan hina.” (QS Al-Mu’min ayat 60)

Baca Juga

Dalam kondisi yang serba susah untuk mencari lapangan kerja, harga bahan pokok mahal, atau kondisi ekonomi yang pasang surut, hingga hutang yang sudah menumpuk, menjadikan doa satu-satunya harapan kita setelah segala usaha sudah dilakukan.

Dikutip dari buku Kumpulan Doa Mustajab Pembuka Pintu Rezeki oleh KH. Sulaeman Bin Muhammad Bahri, berikut ini tiga doa yang bisa kita panjatkan untuk meminta keluasan rezeki yang berlimpah dan halal.

 

Doa dimudahkan mendapatkan rezeki

اَللَّهُمَّ اِنِّي أَسْئَلُكَ أَنْ تَرْزُقَنَى رِزْقًا حَلَالًا وَاسِعًا طَيِّبًا مِنْ غَيْرِ تَعْبٍ وَلَا مَشَقَّةٍ وَلَا ضَيْرٍ وَلَا نَصَبٍ اِنَّكَ

عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

Allaahumma inn as'aluka antarzuqnii rizqan halaalan

waasi'an thayyiban min ghairi ta'abin walaa musyaqgotin walaa dhairin walaa nashabin innaka 'alaa kulli syai' in qadiir

Artinya: "Ya Allah, aku minta kepada-Mu akan pemberian rezeki yang halal, luas, baik tanparepot, dan kemelaratan dan tanpa keberatan dan sesungguhnya Engkau maha atas segala sesuatu."

Doa membuka rezeki dan kekayaan 

اَللَّهُمَّ يَاغَنِيُّ يَامُغْنِيْ أَغْنِنِيْ غِنًى أَبَدًا وَيَاعَزِيْزُ يَامُعِزُّ أَعِزَّنِيْ بِإِعْزَازٍ عِزَّةَ قُدْرَتِكَ وَيَامُيَسِّرَاْلأُمُوْرِ يَسِّرْ لِيْ أُمُوْرَ الدُّنْيَا وَالدِّيْنِ يَاخَيْرَ مَنْ يُرْجَى يَا اللهُ 

“Alloohumma yaa ghoniyyu yaa mughnii aghninii ginan abadan wa yaa ‘aziizu yaa mu’izzu a’izzani bi-i’zaazin ‘izzatia qudrotika, wa yaa muyassirol umuuri yassir lii umuurod dun-yaa waddiini yaa khoiro man yurjaa yaa allooh.

Artinya, “Ya Allah, Dzat Yang Mahakaya dan memberikan kekayaan, berilah kekayaan yang abadi kepadaku. Wahai Dzat Yang Mahamulia dan yang memberikan kemuliaan, berilah kemuliaan kepadaku dengan kemuliaan kekuasaan-Mu. Wahai Dzat yang mempermudah semua urusan, berilah kemudahan kepadaku di dalam semua urusan dunia dan agama, wahai Dzat yang paling diharapkan, ya Allah.” 

Doa memohon rezeki halal dan berkah

اللَّهُمَّ اكْفِنِى بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِى بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ 

 Allahumak-finii bi halaalika ‘an haroomik, wa agh-niniy bi fadhlika ‘amman siwaak. 

Artinya: “Ya Allah cukupkanlah aku dengan yang halal dan jauhkanlah aku dari yang haram, dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu.”

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement