Rabu 28 Feb 2024 05:35 WIB

Prasasti Ini Ungkap Kebenaran Alquran tentang Bangsa Samud, Aad, dan Iram

Alquran memuat kisah tentang Bangsa Samud, Aad, dan Iram

Rep: Fuji E Permana / Red: Nashih Nashrullah
Ditemukannya prasasti Ebla menggunakan bahasa Semitik yang paling tua yakni Eblaite. Praasti itu menyatakan Kerajaan Ebla mengadakan hubungan dagang dengan Bangsa Shamutu, Aad, dan Iram, tiga kata yang tersebut dalam Alquran.
Foto:

Maka tidak mengherankan jika kemudian Dr Father Dahood dari Vatikan mengatakan, “Between Ebla Tablets (2500 BC) and The Quran (625 CE), there is no other references to this triad cities.”

(Artinya, selain prasasti Ebla dan Alquran, tidak ada rujukan lain yang menunjukkan eksistensi tiga serangkai kota ini, yakni Samud, Aad, dan Iram) (Pettinato and Dahood, 1981). Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

اَلَمْ تَرَ كَيْفَ فَعَلَ رَبُّكَ بِعَادٍ اِرَمَ ذَاتِ الْعِمَادِالَّتِيْ لَمْ يُخْلَقْ مِثْلُهَا فِى الْبِلَادِوَثَمُوْدَ الَّذِيْنَ جَابُوا الصَّخْرَ بِالْوَادِ

"Tidakkah engkau (Nabi Muhammad) memperhatikan bagaimana Tuhanmu berbuat terhadap (kaum) Aad, (yaitu) penduduk Iram (ibu kota kaum Aad) yang mempunyai bangunan-bangunan yang tinggi yang sebelumnya tidak pernah dibangun (suatu kota pun) seperti itu di negeri-negeri (lain)? (Tidakkah engkau perhatikan pula kaum) Samud yang memotong batu-batu besar di lembah)." (QS Al-Fajr Ayat 6-9)

Kaum Samud adalah umat Nabi Saleh. Bangsa ini juga telah memiliki peradaban yang tinggi, yang ditunjukkan oleh kemampuan mereka membangun gedung-gedung megah di tempat-tempat datar dan memotong, memahat batu-batu di pegunungan untuk dibuat tempat-tempat peristirahatan, serta membuat relief-relief dan perhiasan-perhiasan dari batu atau marmer.

photo
Infografis Berapa Tahun Diturunkannya Alquran - (Republika)

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement