Jumat 23 Feb 2024 04:45 WIB

Kisah Detil Prof Jeffrey Lang Menjadi Mualaf, Awalnya Sangat tidak Percaya Tuhan

Prof Jeffrey Lang menjadi mualaf setelah berinteraksi dengan Alquran.

Rep: Mabruroh/ Red: Muhammad Hafil
 Prof Jeffrey Lang menjadi mualaf setelah berinteraksi dengan Alquran. Foto:  Jeffrey Lang
Foto:

Kenapa Tuhan menciptakan makhluk yang jahat ini dan menempatkannya di bumi, padahal bisa saja Tuhan dengan gampangnya menciptakan malaikat dan menempatkannya di surga? Inilah pertanyaanku!

Hidupku dihantui oleh tiga atau empat pertanyaan ini. Aku merasa seolah-olah Alquran sedang mengaduk-aduk emosiku, menggunakan kisah tersebut untuk memprovokasiku. Lalu, masalahnya menjadi semakin kacau ketika Tuhan menjawab pertanyaan malaikat-malaikat itu dengan sekadar berkata, "Sesungguhnya, Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui." Seakan-akan, Dia berkata, "Aku tahu persis apa yang sedang Kulakukan.” 

Allah kemudian memperlihatkan kepada para malaikat tentang kemampuan akal manusia, bahwa manusia dikaruniai akal untuk membuat sebuah pilihan, yang baik atau yang buruk. Allah memberikan Nabi Adam kemampuan intelektual, bisa belajar bahasa, dan mempelajari benda-benda yang ditemui di bumi. 

“Dan Dia mengajarkan kepada Adam seluruh nama (benda-benda), kemudian memperlihatkannya kepada para malaikat, dan Dia berfirman: sebutkanlah kepada-Ku nama benda-benda itu jika kamu memang benar." (QS. 2: 31)

Yang kemudian dijawab oleh malaikat bahwa mereka tidak mampu untuk mengetahui, selain apa-apa yang telah ditunjukkan oleh Tuhan kepada mereka. "Maha Suci Engkau, tak ada yang kami ketahui selain apa yang telah Engkau ajarkan kepada kami; sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana." (Q.S. 2:32)

Ayat ketiga puluhan surat Al Baqarah ini memberikan banyak pencerahan terhadap Jeffrey Lang. Informasi yang selama ini meragukannya dalam ajaran agama lain seperti tentang dosa turunan manusia, tentang kenapa manusia diturunkan ke bumi, tentang kesalahan nabi Adam, dan lainnya, terjawab surah dengan gamblang dalam Alquran. Termasuk tentang tujuan diturunkannya manusia ke bumi sebagai khalifah.

Sejak saat itu, Lang pun memutuskan masuk Islam dan mengucapkan dua kalimah syahadat. Dia menjadi seorang mualaf pada awal 1980. Ia mengaku bahwa dengan menjadi seorang Muslim, banyak sekali kepuasan batin yang didapatkannya.

Itulah kisah perjalanan spiritual sang profesor yang juga meraih karier bagus di bidang matematika. Dia mengaku sangat terinspirasi dengan matematika yang menurutnya logis dan berisi fakta-fakta berupa data riil untuk mendapatkan jawaban konkret.

'Dengan cara seperti itulah, saya bekerja. Ada kalanya, saya frustasi ketika ingin mencari sesuatu, tapi tidak mendapat jawaban yang konkret. Namun, dengan Islam, semuanya rasional, masuk akal, dan mudah dicerna,'' tukasnya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement