Kamis 22 Feb 2024 21:53 WIB

Dua Hadits Rasulullah SAW Ini Jelaskan Mengapa Alquran Anjurkan Muslim Banyak Sedekah

Sedekah mempunyai sejumlah keutamaan bagi pelakunya

Rep: Rahmat Fajar / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi Sedekah. Sedekah mempunyai sejumlah keutamaan bagi pelakunya
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Ilustrasi Sedekah. Sedekah mempunyai sejumlah keutamaan bagi pelakunya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Allah SWT dan Rasulullah SAW menganjurkan umat Islam gemar bersedekah. Bukan tanpa alasan mengapa Allah dan Rasulullah memerintahkan memperbanyak sedekah. Salah satunya karena bersedekah dapat menggantinya seribu kali lipat.

Ach Fawaid dalam bukunya "Asbabun Nuzul" menjelaskan ada sebuah hadits yang menyebutkan tentang harta tak akan berkurang karena memperbanyak sedekah. Itu salah satu keutamaan dari sedekah.

Baca Juga

عن أبي هريرة رضي الله عنه أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: ما نقصت صدقة من مال، وما زاد الله عبدا بعفو إلا عزا، وما تواضع أحد لله إلا رفعه الله عز وجل

Abu Hurairah -raḍiyallāhu 'anhu- secara marfū', "Tidaklah sedekah itu mengurangi harta, tidaklah Allah menambahkan pada hamba yang pemaaf kecuali kemuliaan, dan tidaklah seseorang merendahkan diri karena Allah kecuali Allah -Ta'ālā- mengangkat derajatnya." (HR Muslima)

 

Fawaid mengatakan mengenai akan mengganti seribu kali lipat bagi yang memperbanyak sedekah, Allah SWT tidak akan menggantinya seluruhnya di dunia. Namun Allah akan menggantinya sebagian di akhirat. Dan berdasarkan sabda Rasulullah SAW bahwa memberi lebih baik daripada menerima.

عَنْ حَكِيْمِ بْنِ حِزَامٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : اَلْيَدُ الْعُلْيَا خَيْرٌ مِنَ الْيَدِ السُّفْلَى، وَابْدَأْ بِمَنْ تَعُوْلُ، وَخَيْرُ الصَّدَقَةِ عَنْ ظَهْرِ غِنًى، وَمَنْ يَسْتَعْفِفْ يُعِفَّهُ اللهُ، وَمَنْ يَسْتَغْنِ يُغْنِهِ اللهُ

Dari Hakim bin Hizam Radhiyallahu anhu, dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam , Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : Tangan yang di atas lebih baik daripada tangan yang di bawah. Dan mulailah dari orang yang menjadi tanggunganmu. Dan sebaik-sebaik sedekah adalah yang dikeluarkan dari orang yang tidak membutuhkannya. Barangsiapa menjaga kehormatan dirinya maka Allâh akan menjaganya dan barangsiapa yang merasa cukup maka Allâh akan memberikan kecukupan kepadanya.” (HR al-Bukhari (no 1427) dan Muslim no 1053 (124) 

Umar bin Khattab juga menyebut betapa mulianya sedekah daripada meminta-minta. Umar berkata, "Sedekah merupakan perbuatan yang paling utama di antara amalan-amalan lainnya." Bahkan, kata Fawaid mengungkapkan Rasulullah menjadikan sedekah sebagai obat ketika ada yang sakit.

Baca juga: Saat Kiamat Tiba, Baca Kalimat Thayyibah yang 'Dibocorkan' Rasulullah SAW Ini

Selain hadits, Alquran juga menganjurkan agar memperbanyak sedekah. Seperti dalam Surat al-Baqarah ayat 274:

اَلَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ اَمْوَالَهُمْ بِالَّيْلِ وَالنَّهَارِ سِرًّا وَّعَلَانِيَةً فَلَهُمْ اَجْرُهُمْ عِنْدَ رَبِّهِمْۚ وَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُوْنَ

Artinya: "Orang-orang yang menginfakkan hartanya pada malam dan siang hari, baik secara rahasia maupun terang-terangan, mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada rasa takut pada mereka dan tidak (pula) mereka bersedih." 

photo
Infografis Manfaat Sedekah - (Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement