Kamis 22 Feb 2024 10:30 WIB

Mukjizat Alquran Menjelaskan Arasy Sebagai Singgasana Allah

Apa Itu Arsy dan ada di mana? Ini penjelasan lengkapnya.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Erdy Nasrul
 Seorang santri membaca Alquran.
Foto:

Lantas, apakah seorang Muslim bisa mendapatkan 'Arsy? Salah satu ulama terkemuka Mesir, yang juga mantan Mufti Mesir, Syekh Ali Jum'ah, menjelaskan, ada beberapa sifat hamba yang kelak pada Hari Kiamat berada dalam naungan 'Arsy.

Dia mengatakan, ada 70 sifat yang kelak akan dinaungi Allah SWT dalam naungan 'Arsy-Nya. Dalam Shahih Bukhari dan Muslim, terdapat riwayat dari Abu Hurairah RA bahwa Rasulullah SAW bersabda: 

سَبْعَةٌ يُظِلُّهُمُ اللَّهُ في ظِلِّهِ يَوْمَ لا ظِلَّ إلَّا ظِلُّهُ: إِمامٌ عادِلٌ، وشابٌّ نَشَأَ فِي عِبَادَةِ اللَّه تَعالى، وَرَجُلٌ قَلْبُهُ مُعَلَّقٌ في المَسَاجِدِ، وَرَجُلانِ تَحَابَّا في اللَّه: اجتَمَعا عَلَيهِ، وتَفَرَّقَا عَلَيهِ، وَرَجُلٌ دَعَتْهُ امْرَأَةٌ ذَاتُ مَنْصِبٍ وَجَمَالٍ فَقَالَ: إِنِّي أَخافُ اللَّه، ورَجُلٌ تَصَدَّقَ بِصَدَقَةٍ فأَخْفَاها، حتَّى لا تَعْلَمَ شِمالُهُ مَا تُنْفِقُ يَمِينهُ، ورَجُلٌ ذَكَرَ اللَّه خالِيًا فَفَاضَتْ عَيْنَاهُ

"Ada tujuh golongan manusia yang nanti  akan dinaungi Allah dalam naungan ‘Arsy-Nya pada hari yang tiada naungan selain naungan Allah, yaitu: Pertama, pemimpin yang adil dan jujur. Kedua, seorang laki-laki yang diajak berselingkuh oleh seorang perempuan cantik dan berpangkat, lalu dia mengatakan 'aku takut kepada Allah rabbal 'alamin'. Ketiga, seseorang yang hatinya tertambat di masjid-masjid. 

Keempat, seseorang yang mempelajari Alquran sejak muda dan terus dibacanya sampai tua. Kelima, seseorang yang merahasiakan sedekahnya sehingga apa yang diberikan oleh tangan kanannya tidak diketahui oleh tangan kirinya.

 

Keenam, seseorang yang ingat kepada Allah (berdzikir) di tengah-tengah orang banyak sambil melelehkan air matanya karena takut kepada Allah SWT. Ketujuh, dua orang yang masing-masing bermaksud menjalin persaudaraan karena Allah, lalu berpisah juga dalam keadaan demikian." (Muttafaqun 'alaih)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement